PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP GAYA MAGNET MATA PELAJARAN IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY SISWA KELAS V SD NEGERI REJODADI TAHUN AJARAN 2015/2016

RATNA KARTIKA CANDRA, 12144600162 (2016) PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP GAYA MAGNET MATA PELAJARAN IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY SISWA KELAS V SD NEGERI REJODADI TAHUN AJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dokumen 1_hlm, Sampul, Abstrak, Persetujuan...hingga Daftar Isi dan BAB I,.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text
Dokumen BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (289kB)
[img] Text
Dokumen BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (508kB)
[img] Text
Dokumen BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (352kB)
[img]
Preview
Text
Dokumen BAB V dan Daftar Pistaka-Lampiran Penting.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini brtujuan: Mendeskripsikan Pembelajaran dengan menggunakan model Inquiry dapat meningkatkan pemahaman konsep gaya magnetmata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pada siswa kelas V SD Negeri Rejodadi Tahun Ajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan metode siklus. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Rejodadi yang berjumlah 25 siswa dengan perincian 13 siswa laki-laki dan 12 siswi perempuan. Pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan menggunakan tes, wawancara dan observasi.Teknik analisis data yang digunakan meliputi pengumpulan data, reduksi data dan pemaparan data. Pada proses pelaksanaannya, peneliti menggunakan pre-test yang dilanjutkan pelaksanaan tindakan yang terdiri dari 2 siklus didukung dengan penerapan penggunaan model Inquiry. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti dapat menyimpulkan bahwa: (1) langkah-langkah pembelajaran model Inquiry pembelajaran IPA tentang gaya magnet siswa kelas V SD Negeri Rejodadi tahun ajaran 2015/2016 meliputi; penyajian materi pelajaran, penjelasan pembelajaran model Inquiry, melakukan diskusi dan mencari jawaban dari soal diskusi, membacakan hasil diskusi, siswa bersama guru menyimpulkan materi, dan evaluasi. (2) Penggunaan model Inquiry dapat meningkatkan pemahaman konsep IPA tentang gaya magnet kelas V SD Negeri Rejodadi tahun ajaran 2015/2016. Hal ini terbukti pada perolehan nilai siswa dari siklus I hingga siklus II. Pada tahap siklus I telah terjadi peningkatan sebesar 6,67% dari kondisi awal 60% meningkat 66,67%. Sedangkan pada siklus II mengalami perubahan peningkatan sebesar 15,93% dari kondisi siklus I sebesar 66,67% menjadi 82,69%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Konsep, Model Inquiry, IPA
Subjects: Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar
Pendidikan > Pendidikan Dasar > Sains untuk pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 11 Aug 2016 03:00
Last Modified: 11 Aug 2016 03:00
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/923

Actions (login required)

View Item View Item