INAROTUL FITRIYANI, 12144200048 (2016) HUBUNGAN ANTARA KOMUNIKASI ORANG TUA-ANAK DAN PENGGUNAAN WAKTU LUANG DENGAN DISIPLIN BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 PAJANGAN TAHUN AJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.
|
Text
Dokumen 1_ hlm. Sampul, Abstrak, Persetujuan...hingga Daftar.pdf Download (4MB) | Preview |
|
Text
Dokumen BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
Text
Dokumen BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
Text
Dokumen BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
|
Text
Dokumen BAB V dan Daftar Pustaka + Lampiran Penting.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hubungan antara komunikasi orang tua-anak dengan disiplin belajar siswa, (2) hubungan antara penggunaan waktu luang dengan disiplin belajar siswa, (3) hubungan antara komunikasi orang tua-anak dan penggunaan waktu luang dengan disiplin belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pajangan tahun ajaran 2015/2016. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pajangan tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 150 siswa. Sampel 60 siswa Pengambilan dengan menggunakan teknik quota cluster random sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini digunakan angket yang divalidasi dengan validitas konstruk. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis korelasi produk moment dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Ada hubungan positif signifikan antara komunikasi orang tua-anak dengan disiplin belajar siswa, dengan mengetahui hasil perhitungan angka rx1y = 0,593 dengan p = 0,000 < 0,05, yang berarti semakin baik komunikasi orang tua-anak, maka semakin tinggi disiplin belajar siswa, (2) Ada hubungan positif signifikan antara penggunaan waktu luang dengan disiplin belajar siswa dengan mengetahui hasil perhitungan angka rx2y = 0,664 dengan p = 0,000 < 0,05, yang berarti semakin baik penggunaan waktu luang pada siswa maka semakin tinggi disiplin belajar pada siswa, (3) Ada hubungan positif signifikan antara komunikasi orang tua-anak dan penggunaan waktu luang dengan disiplin belajar siswa dengan mengetahui hasil perhitungan angka harga Fhitung = 28,485 dengan (p) 0,000 < 0,05, yang artinya semakin baik komunikasi orang tua – anak dan semakin baik penggunaan waktu luang maka semakin tinggi disiplin belajar pada siswa. Implikasi dalam penelitian ini, memberi petunjuk kepada pihak sekolah dan guru Bimbingan Konseling bahwa pemahaman tentang komunikasi orang tua – anak dan pentingnya penggunaan waktu luang yang baik pada siswa mempunyai peran penting untuk meningkatkan disiplin belajar siswa. Sekolah memiliki peran penting melalui pelaksanaan layanan bimbingan konseling secara efektif dan efisien dalam rangka terwujudnya peningkatan disiplin belajar pada siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | komunikasi orang tua-anak, pengunaan waktu luang, disiplin belajar |
Subjects: | Psikologi > Psikologi Terapan > Hubungan Antar Individu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling di sekolah > Pola asuh Pendidikan > Psikologi Pendidikan; inteljensia, motivasi belajar |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Nurul Sinto Ambawani |
Date Deposited: | 11 Aug 2016 01:15 |
Last Modified: | 11 Aug 2016 01:15 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/912 |
Actions (login required)
View Item |