UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIK REALISTIK INDONESIA (PMRI) SISWA KELAS VIII A SMP MUHAMMADYAH 2 KALIBAWANG

Tri Sesanti, 11144100100 (2016) UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIK REALISTIK INDONESIA (PMRI) SISWA KELAS VIII A SMP MUHAMMADYAH 2 KALIBAWANG. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dokumen Bab I.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
Dokumen BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (317kB)
[img] Text
Dokumen BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (384kB)
[img] Text
Dokumen BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (977kB)
[img]
Preview
Text
Dokumen Bab V.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar matematika pada kubus dan balok dengan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia. Peneliatian ini dilakukan di SMP Muhammadiyah 2 Kalibawang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas kolaboratif dengan subyek penelitian adalah siswa kelas VIII A SMP Muhammadiyah 2 kalibawang. Objek penelitian ini adalah keaktifan dan hasil belajar matematika dalam pembelajaran matematika dengan pendekatan pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik Indonesia pada pokok bahasan kubus dan balok. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, yakni siklus I terdiri dari dua pertemuan dan siklus II terdiri dari dua pertemuan. Pada akhir siklus dilaksanakan tes siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, catatan lapangan, wawancara, tes tertulis, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan menelaah seluruh data baik data kualitatif maupun data kuantitatif dengan rumus rata-rata dan prosentase. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pendekatan pendidikan matematika realistik Indonesia dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada siswa kelas VIII A SMP Muhammadiyah 2 Kalibawang pada pembelajaran matematika. Keaktifan siswa mengalami peningkatan pada tiap siklus. Pada siklus I 67,84% (Kualifikasi Cukup), pada siklus II 78,26% (Kualifikasi Tinggi). Hasil belajar juga mengalami peningkatan pada pra siklus 54,96 (Kriteria Cukup) dengan ketuntasan kelas 0%, pada siklus I 73,12 (Kriteria Cukup) dengan ketuntasa kelas 62,50% , pada siklus II 85,41 (Kriteria Tinggi) dengan ketuntasan kelas 79,16%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Matematika Realistik Indonesian (PMRI), keaktifan, hasil belajar
Subjects: Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar
Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 29 Jul 2016 04:05
Last Modified: 29 Jul 2016 04:05
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/896

Actions (login required)

View Item View Item