LILIS KURNIASIH, 12144200180 (2016) HUBUNGAN ANTARA LAYANAN ORIENTASI DAN LAYANAN INFORMASI DENGAN PENYESUAIAN DIRI PADA SISWA KELAS VII SMP N 4 SEWON BANTUL YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.
|
Text
Dokumen 1_ hlm. Sampul, Abstrak, Persetujuan... hingga Dafta.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text
Dokumen BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
Dokumen BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
Dokumen BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
Text
Dokumen BAB V dan Daftar Pustaka + Lampiran Penting.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hubungan antara layanan orientasi dengan penyesuaian diri pada siswa, (2) hubungan antara layanan informasi dengan penyesuaian diri pada siswa, (3) hubungan antara layanan orientasi dan layanan informasi dengan penyesuaian diri pada siswa kelas VII SMP N 4 Sewon Tahun Ajaran 2015/2016. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas VII SMP N 4 Sewon Tahun Ajaran 2015/2016 yang berjumlah 128 siswa. Pengambilan dengan menggunakan teknik quota cluster random sampling sejumlah 64 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini digunakan dokumentasi dan angket yang divalidasi dengan validitas konstruk. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada hubungan yang positif signifikan antara layanan orientasi dengan penyesuaian diri pada siswa, dengan mengetahui hasil perhitungan angka rx1y = 0,787 dengan p = 0,000 < 0,05, yang berarti semakin baik pelaksanaan layanan orientasi pada siswa, maka semakin baik penyesuaian diri siswa, (2) Ada hubungan yang positif signifikan antara layanan informasi dengan penyesuaian diri pada siswa dengan mengetahui hasil perhitungan angka rx2y = 0,745 dengan p = 0,000 < 0,05, yang berarti semakin baik pelaksanaan layanan informasi terhadap siswa maka semakin baik penyesuaian diri siswa, (3) Ada hubungan yang positif signifikan antara layanan orientasi dan layanan informasi dengan penyesuaian diri pada siswa dengan mengetahui hasil perhitungan angka harga Fhitung = 61,661 dengan (p) 0,000 < 0,05, yang artinya semakin baik pelaksanaan layanan orientasi dan layanan informasi terhadap siswa maka semakin baik penyesuaian diri pada siswa. Implikasi dalam penelitian ini, memberi petunjuk kepada pihak sekolah bahwa pemberian layanan orientasi dan layanan informasi yang baik pada siswa mempunyai peran penting untuk meningkatkan penyesuaian diri siswa. Sekolah memiliki peran penting melalui pelaksanaan bimbingan konseling secara efektif dan efisien dengan pemahaman tentang potensi diri dan kemampuan diri bagi siswa dalam peningkatan penyesuaian diri siswa yang lebih baik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | layanan orientasi, layanan informasi, penyesuaian diri |
Subjects: | Pendidikan > Bimbingan dan Konseling di sekolah |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Nurul Sinto Ambawani |
Date Deposited: | 28 Jul 2016 03:54 |
Last Modified: | 28 Jul 2016 03:54 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/889 |
Actions (login required)
View Item |