Helmi Ali Rakhbini, 11144340095 (2016) INTEGRASI NILAI PANCASILA DALAM PENDIDIKAN KARAKTER DI SMP PGRI DLINGO MALADAN, JATIMULYO, DLINGO, BANTUL. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.
|
Text
Dokumen Bab I.pdf Download (5MB) | Preview |
|
Text
Dokumen BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (269kB) |
||
Text
Dokumen BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (165kB) |
||
Text
Dokumen BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (224kB) |
||
|
Text
Dokumen Bab V.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui pendidikan karakter diterapkan di SMP PGRI Dlingo, 2) mengetahui penerapan integrasi nilai Pancasila dalam pendidikan karakter di SMP PGRI Dlingo, dan 3) mengetahui pengaruh pendidikan karakter bagi murid-murid SMP PGRI Dlingo. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ada 19 orang yaitu, seorang guru ,kepala sekolah, dan 17 siswa SMP PGRI Dlingo. Adapun tempat penelitian dilakukan di SMP PGRI Dlingo, Desa Maladan, Kelurahan Jatimulyo, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul. Waktu penelitian diadakan pada bulan Juli 2014 sampai dengan Oktober 2014. Data dan sumber data diperoleh melalui opservasi, wawancara dan dokumentasi terhadap guru dan murid-murid SMP PGRI Dlingo. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain: wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan cara reduksi data, penyajian data, verification, triangulasi, dan menggunakan bahan referensi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: 1. Pendidikan karakter telah diterapkan di SMP PGRI Dlingo melalui mata pelajaran kewarganegaraan yang mengajarkan etika personal dan nilai-nilai moral yang baik, melalui kegiatan sholat dhuha, membaca Al-Quar’an dan proses pengembangan karakter para siswa sebagai individu yang berkepribadian baik seperti siswa SMP PGRI menyapa guru ketika bertemu baik di jalan maupun di sekolah. 2. Penerapan integrasi nilai Pancasila dalam pendidikan karakter di SMP PGRI Dlingo dilakukan dengan menentukan nilai-nilai Pancasila untuk diajarkan sesuai dengan kebutuhan riil di masyarakat yaitu: (1) Ketaatan kepada Tuhan YME; (2) Menghargai harkat dan martabat manusia; (3) Hidup rukun dalam kebhinekaan; (4) Musyawarah dengan akal sehat dan hati nurani yang luhur; dan (5) Kerja keras dan mandiri. Penjabaran dari nilai - nilai ini diwujudkan dalam kurikulum dan buku ajar. Dengan demikian pancasila merupakan acuan dalam pendidikan karakter melalui mata pelajaran di sekolah dan di terapkan langsung oleh peserta didik. 3. Pendidikan karakter memberi pengaruh positif bagi siswa dalam proses pengembangan kepribadian, tingkah laku, dan kecerdasan emosional yang baik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Integrasi, Nilai, Pancasila, Pendidikan, Karakter |
Subjects: | Politik > Ideologi Pancasila Politik > Kewarganegaraan; Pendidikan kewarganegaraan Pendidikan > Etika Pendidikan; pendidikan karakter, budi pekerti, moral |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
Depositing User: | Nurul Sinto Ambawani |
Date Deposited: | 28 Jul 2016 02:15 |
Last Modified: | 28 Jul 2016 02:15 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/884 |
Actions (login required)
View Item |