UPIK RAKASIWI NOVIANA PUTRI, 12144200087 (2016) HUBUNGAN ANTARA KEBIASAAN MENGIKUTI KEGIATAN GERAKAN PRAMUKA DAN LAYANAN BIMBINGAN KONSELING BELAJAR DENGAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA KELAS VII SMP N I SEYEGAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.
|
Text
Dokumen 1_ hlm. Sampul, Abstrak, Persetujuan...hingga Daftar.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
Dokumen BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (211kB) |
||
Text
Dokumen BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (195kB) |
||
Text
Dokumen BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (233kB) |
||
|
Text
Dokumen BAB V dan Daftar Pustaka + Lampiran Penting.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hubungan antara kebiasaan mengikuti kegiatan gerakan pramuka dengan kedisiplinan belajar siswa, (2) hubungan antara layanan bimbingan konseling belajar dengan kedisiplinan belajar siswa, (3) hubungan antara kebiasaan mengikuti kegiatan gerakan pramuka dan layanan bimbingan konseling belajar dengan kedisiplinan belajar siswa kelas VII SMP N 1 Seyegan tahun pelajaran 2015/2016, dan (4) Sumbangan efektif kegiatan gerakan pramuka dan layanan bimbingan konseling belajar terhadap kedisiplinan belajar siswa kelas VII SMP N 1 Seyegan tahun pelajaran 2015/2016. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP N 1 Seyegan tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 192 siswa. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik quota random sampling yakni sejumlah 96 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket yang divalidasi dengan validitas konstruk. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Ada hubungan yang positif dan signifikan antara kebiasaan mengikuti gerakan pramuka dengan kedisiplinan belajar siswa, dengan mengetahui hasil perhitungan angka rx1y = 0,435 dengan p = 0,000 < 0,05, yang berarti semakin baik kebiasaan mengikuti gerakan pramuka pada siswa, maka semakin tinggi kedisiplinan belajar siswa, (2) Ada hubungan yang positif antara layanan bimbingan konseling belajar dengan kedisiplinan belajar siswa dengan mengetahui hasil perhitungan angka rx2y = 0,427 dengan p = 0,000 < 0,05, yang berarti semakin efektif layanan bimbingan konseling belajar terhadap siswa maka kedisiplinan belajar siswa akan meningkat dan sebaliknya, (3) Ada hubungan yang positif antara kebiasaan mengikuti gerakan pramuka dan layanan bimbingan konseling belajar dengan kedisiplinan belajar siswa dengan mengetahui hasil perhitungan angka harga Fhitung = 21,684 dengan (p) 0,000 < 0,05, yang artinya semakin baik kebiasaan mengikuti gerakan pramuka dan semakin efektif pelaksanaan layanan bimbingan konseling belajar maka kedisiplinan belajar siswa akan semakin meningkat. Implikasi dalam penelitian ini, sekolah khusus guru bimbingan konseling memiliki peran penting dalam pelaksanaan layanan bimbingan konseling belajar secara efektif dalam membentuk pembiasaan siswa dalam mengikuti kegiatan gerakan pramuka yang positif sehingga dapat meningkatkan kedisiplinan belajar siswa dan tercapai tujuan pembelajaran di sekolah.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kebiasaan mengikuti gerakan pramuka, layanan bimbingan konseling belajar, kedisiplinan belajar |
Subjects: | Pendidikan > Pramuka, Pecinta alam,PMI, Resimen Mahasiswa Pendidikan > Bimbingan dan Konseling di sekolah |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Nurul Sinto Ambawani |
Date Deposited: | 26 Jul 2016 01:32 |
Last Modified: | 26 Jul 2016 01:38 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/881 |
Actions (login required)
View Item |