HUBUNGAN ANTARA LAYANAN INFORMASI DAN LAYANAN ORIENTASI BIDANG PRIBADI DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP N 4 SEWON TAHUN AJARAN 2015/2016

NUNUNG MUKTIJAH, 12144200182 (2016) HUBUNGAN ANTARA LAYANAN INFORMASI DAN LAYANAN ORIENTASI BIDANG PRIBADI DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP N 4 SEWON TAHUN AJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
2. DOKUMEN (COVER-BAB I ).PDF

Download (2MB) | Preview
[img] Text
3. BAB II.docx oke.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (277kB)
[img] Text
4. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (461kB)
[img] Text
5. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (225kB)
[img]
Preview
Text
6. BAB V-SELESAI.PDF

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hubungan antara layanan informasi bidang pribadi dengan kemandirian belajar siswa, (2) hubungan antara layanan orientasi bidang pribadi dengan kemandirian belajar siswa, (3) hubungan antara layanan informasi dan layanan orientasi bidang pribadi dengan kemandirian belajar siswa kelas VIII di SMP N 4 Sewon Tahun Pelajaran 2015/2016. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas VIII di SMP N 4 Sewon Tahun Pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 110 siswa. Pengambilan dengan menggunakan teknik quota random sampling sejumlah 60 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini digunakan dokumentasi dan angket yang divalidasi dengan validitas konstruk. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Ada hubungan yang positif antara layanan informasi bidang pribadi dengan kemandirian belajar siswa, dengan mengetahui hasil perhitungan angka rx1y = 0,558 dengan p = 0,000 < 0,05, yang berarti semakin baik layanan informasi bidang pribadi pada siswa, maka semakin tinggi kemandirian belajar siswa, (2) Ada hubungan yang positif antara layanan orientasi bidang pribadi dengan kemandirian belajar siswa dengan mengetahui hasil perhitungan angka rx2y = 0,453 dengan p = 0,001 < 0,05, yang berarti semakin baik layanan orientasi bidang pribadi pada siswa maka semakin baik kemandirian belajar pada siswa, (3) Ada hubungan yang positif antara layanan informasi dan layanan orientasi bidang pribadi dengan kemandirian belajar siswa dengan mengetahui hasil perhitungan angka harga Fhitung = 16,410 dengan (p) 0,000 < 0,05, yang artinya semakin baik layanan informasi dan layanan orientasi bidang pribadi pada siswa maka semakin baik kemandirian belajar pada siswa. Implikasi dalam penelitian ini, memberi petunjuk kepada pihak sekolah dan guru Bimbingan Konseling bahwa layanan informasi dan layanan orientasi bidang pribadi yang baik pada siswa mempunyai peran penting untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa. Sekolah memiliki peran penting melalui pelaksanaan layanan informasi dan layanan orientasi secara efektif dan efisien dengan pemahaman tentang potensi dan kemampuan diri bagi siswa yang merupakan faktor bagi terwujudnya peningkatan kemandirian belajar pada siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: layanan informasi, layanan orientasi, kemandirian belajar
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan; inteljensia, motivasi belajar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 14 Jul 2016 04:09
Last Modified: 14 Jul 2016 04:09
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/867

Actions (login required)

View Item View Item