UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS, KREATIVITAS, DAN HASIL BELAJAR MENGELOLA SISTEM KEARSIPAN DENGAN METODE SIMULASI PADA SISWA KELAS XII ADMINISTRASI PERKANTORAN 2 SMKN 1 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2013/2014

TUGINEM, 12155140056 (2016) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS, KREATIVITAS, DAN HASIL BELAJAR MENGELOLA SISTEM KEARSIPAN DENGAN METODE SIMULASI PADA SISWA KELAS XII ADMINISTRASI PERKANTORAN 2 SMKN 1 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Tesis thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
DOKUMEN 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
DOKUMEN BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (353kB)
[img] Text
DOKUMEN BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (191kB)
[img] Text
DOKUMEN BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (648kB)
[img]
Preview
Text
DOKUMEN BAB V, DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf

Download (964kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) meningkatkan aktivitas belajar melalui metode simulasi pada siswa kelas XII Administrasi Perkantoran 2 SMK Negeri 1 Yogyakarta. 2) meningkatkan kreativitas siswa dengan kompetensi dasar mengimplementasikan sistem kearsipan melalui metode simulasi pada siswa kelas XII Administrasi Perkantoran 2 SMK Negeri 1 Yogyakarta. 3) meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran standar kompetensi mengelola sistem kearsipan melalui metode simulasi pada siswa kelas XII Administrasi Perkantoran 2 SMK Negeri 1 Yogyakarta. Jenis penelitian merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research).Subjek dalam penelitian ini berjumlah 36 siswa. Tahapan dalam penelitian ini meliputi empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) dengan metode simulasi dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas XII AP 2 di SMK N I Yogyakarta Tahun Pelajaran 2013/2014. Berdasarkan pengamatan dapat disimpulkan bahwa pada pra siklus aktivitas mencapai 63.29% tergolong cukup aktif kemudian meningkat pada siklus I menjadi 71.03% dan pada siklus II meningkat menjadi 81.34%. 2) dengan metode simulasi dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa kelas XII AP 2 di SMK N I Yogyakarta Tahun Pelajaran 2013/2014. Hal tersebut ditunjukkn dengan rekapitulasi hasil angket kreativitas dapat disimpulkan bahwa pada pra siklus kreativitas siswa yang tergolong baik mencapai 44.44% kemudian meningkat pada siklus I menjadi 61.11% dan pada siklus II meningkat menjadi 88.89%. 3) dengan metode simulasi dapat meningkatkan hasil belajar mengelola sistem kearsipan siswa kelas XII AP 2 di SMK N I Yogyakarta Tahun Pelajaran 2013/2014. Berdasarkan hasil penilaian dapat disimpulkan bahwa siswa yang mencapai nilai KKM pada pra siklus 17 siswa (47.22%), meningkat pada siklus I 22 siswa (61.11%) dan pada siklus II 31 siswa (86.11%).

Item Type: Thesis (Tesis)
Uncontrolled Keywords: aktivitas, kreativitas, hasil belajar dan metode simulasi
Subjects: Karya Umum > Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Psikologi > Kecerdasan intelektual dan mental > Daya khayal, imajinasi, kreativitas
Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode pembelajaran tertentu; diskusi, simulasi, permainan, dll.
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan IPS
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 31 May 2016 03:33
Last Modified: 31 May 2016 03:33
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/791

Actions (login required)

View Item View Item