ASNI PURWANDARI, 09144100118 (2016) MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK PADA SISWA KELAS X AK SMK MA’ARIF 1 SLEMAN. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.
|
Text
Dokumen Bab I.PDF Download (1MB) | Preview |
|
Text
Dokumen Bab II.pdf Restricted to Repository staff only Download (157kB) |
||
Text
Dokumen Bab III.pdf Restricted to Repository staff only Download (180kB) |
||
Text
Dokumen BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
Dokumen Bab V.PDF Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa melalui Pendekatan Matematika Realistik pada siswa kelas X Ak SMK Ma’arif 1 Sleman. Penelitian ini dilakukan di SMK Ma’arif 1 Sleman, dengan subyek penelitian yaitu siswa kelas X Ak SMK Ma’arif 1 Sleman yang berjumlah 18 siswa. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif antara guru matematika kelas X Ak SMK Ma’arif 1 Sleman dengan peneliti. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, angket aktivitas pembelajaran, tes, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Penelitian dengan menggunakan pendekatan matematika realistik dilakukan dalam 2 siklus. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Pendekatan Matematika Realistik mampu meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa. Hal ini dapat dibuktikan dari: 1) pembelajaran pada siklus 1 dan siklus 2 mulai dari tahap persiapan, presentasi guru, kegiatan kelompok, presentasi kelompok, dan evaluasi secara umum sudah terlaksana dengan baik sesuai dengan RPP. Persentase keterlaksanaan pembelajaran mencapai 89,47% pada siklus 1 meningkat mencapai 94,73% pada siklus 2; 2) persentase aktivitas belajar siswa mencapai 78,57% pada siklus 1 meningkat mencapai 81,74% pada siklus 2; 3) persentase angket aktivitas belajar siswa pra tindakan mencapai 59,65%, pada siklus 1 mencapai 71,04% , dan meningkat pada siklus 2 mencapai 75,13%; 4) nilai rata-rata prestasi siswa pra tindakan sebesar 66 dengan ketuntasan 28,57%, nilai rata-rata pada siklus 1 sebesar 140,0 dengan ketuntasan 50%, dan nilai rata-rata pada siklus 2 sebesar 166 dengan ketuntasan 100%.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aktivitas belajar, Prestasi belajar, Pendekatan Matematika Realistik |
Subjects: | Pendidikan > Psikologi Pendidikan; inteljensia, motivasi belajar Matematika |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Nurul Sinto Ambawani |
Date Deposited: | 28 May 2016 04:26 |
Last Modified: | 28 May 2016 04:26 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/767 |
Actions (login required)
View Item |