UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI, KEDISIPLINAN, DAN PRESTASI BELAJAR SEJARAH MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA SISWA KELAS XI IPS 2 SMA NEGERI 1 SEWON TAHUN PELAJARAN 2015/2016

M A R H A R J O N O, 14155140017 (2016) UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI, KEDISIPLINAN, DAN PRESTASI BELAJAR SEJARAH MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA SISWA KELAS XI IPS 2 SMA NEGERI 1 SEWON TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Tesis thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dokumen 1_hlm. Sampul, Abstrak, Persetujuan...hingga Daftar .pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
Dokumen BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
Dokumen BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
Dokumen BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
Dokumen BAB V dan Daftar Pustaka + Lampiran Penting.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : 1) meningkatkan motivasi belajar melalui pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) pada siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Sewon tahun pelajaran 2015/2016. 2) meningkatkan kedisiplinan belajar melalui pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) pada siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Sewon tahun pelajaran 2015/2016. 3) meningkatkan prestasi belajar sejarah melalui pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) pada siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Sewon tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Sewon tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan dua siklus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, kuesioner, dan tes hasil belajar sejarah. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman observasi, kuesioner, dan tes hasil belajar sejarah. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif komparatif dengan membandingkan data pra tindakan, siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) penerapan metode kooperatif tipe Games Tournament (TGT) mampu meningkatkan motivasi belajar. Motivasi belajar siswa kategori baik dan sangat baik, pada pra siklus sebanyak 15 siswa (57,7%), pada siklus I meningkat dari 17 siswa (65,4%) pada pertemuan pertama, menjadi 19 siswa (73,1%) pada pertemuan kedua. Pada siklus II, meningkat dari 22 siswa (84,6%) pada pertemuan pertama, menjadi 24 siswa (92,3%) pada pertemuan kedua. 2) Penerapan metode kooperatif tipe Games Tournament (TGT) mampu meningkatkan kedisiplinan belajar. Kedisiplinan belajar siswa kategori baik dan sangat baik, pada pra siklus sebanyak 14 siswa (53,9%), pada siklus I meningkat dari 15 siswa (57,7%) pada pertemuan pertama, menjadi 20 siswa (76,9%) pada pertemuan kedua. Pada siklus II meningkat dari 23 siswa (88,5%) pada pertemuan pertama, menjadi 25 siswa (96,2%) pada pertemuan kedua. 3) Penerapan metode kooperatif tipe Games Tournament (TGT) mampu meningkatkan prestasi belajar sejarah pada siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Sewon tahun pelajaran 2015/2016. Prestasi belajar sejarah meningkat dari ratarata sebesar 74,38 dan indeks ketuntasan sebesar 65,38% pada pra siklus, meningkat menjadi rata-rata sebesar 76,46 dan indeks ketuntasan sebesar 73,08% pada siklus I, dan rata-rata sebesar 84,35 dan indeks ketuntasan sebesar 88,46% pada siklus II.

Item Type: Thesis (Tesis)
Uncontrolled Keywords: Kooperatif, Team Game Tournament, Prestasi Belajar Sejarah
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan; inteljensia, motivasi belajar
Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan IPS
Depositing User: FITRI RIANI
Date Deposited: 28 May 2016 02:45
Last Modified: 28 May 2016 02:45
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/762

Actions (login required)

View Item View Item