PENGARUH BIMBINGAN ORANGTUA DALAM PEMBELAJARAN DARING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SD KELAS RENDAH SE KELURAHAN SUMBERREJO TEMPEL SLEMAN

Arneta Widya Nur Hapsari, 18144600035 (2022) PENGARUH BIMBINGAN ORANGTUA DALAM PEMBELAJARAN DARING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SD KELAS RENDAH SE KELURAHAN SUMBERREJO TEMPEL SLEMAN. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img] Text
ARNETA_PENGARUH BIMBINGAN ORANG TUA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Prestasi belajar siswa kelas rendah Se-Kelurahan Sumberrejo (2) Pengaruh bimbingan orangtua terhadap prestasi belajar siswa kelas rendah SD Se- Kelurahan Sumberrejo. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun pembelajran 2020/2021 , dengan populasi sebanyak 45 siswa. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sempel yaitu Proportionate Stratified Random Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumen untuk teknik analisis data mengunakan regresi sederhana. Berdasarkan penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Bimbingan orangtua pada siswa kelas rendah SD Se-Kelurahan Sumberrejo dilihat dari nilai rata-rata (mean) 37.36 yang pada kelas interval 35 < X ≤ 45 bimbingan orangtua pada siswa kelas rendah SD Se-Kelurahan Sumberrejo termasuk kategori rendah dengan presentase 4% . (2) Prestasi belajar siswa kelas rendah SD Se-Kelurahan Sumberrejo dengan rata-rata (mean) 78.29 yang pada kelas interval 78.29 bimbingan orangtua pada siswa kelas rendah SD Se-Kelurahan Sumberrejo termasuk kategori X > 74,9 dengan presentase 30%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif bimbingan orangtua terhadap prestasi belajar siswa kelas rendah SD Se- Kelurahan Sumberrejo dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, kemudian nilai t hitung lebih besar dari t tabel yaitu 16,057 > 2.01669. Pada Model Summary diperoleh R Square 0,857(0.857 x 100 % = 85,7%) jadi disimpulkan bimbingan orangtua (X) terhadap prestasi belajar (Y) siswa kelas rendah SD Se-Kelurahan Sumberrejo Tempel Sleman sebesar 85,7% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan orangtua, Pembelajaran daring, Prestasi belajar.
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Achmad Ari Wibowo
Date Deposited: 11 Jan 2024 01:23
Last Modified: 11 Jan 2024 01:23
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/7499

Actions (login required)

View Item View Item