PENGARUH KOMUNIKASI DALAM KELUARGA TERHADAP PERKEMBANGAN EMOSI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 TEMPEL TAHUN AJARAN 2015/2016

ARI KUSUMASTUTI, 12144230039 (2016) PENGARUH KOMUNIKASI DALAM KELUARGA TERHADAP PERKEMBANGAN EMOSI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 TEMPEL TAHUN AJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dokumen 1.pdf_hlm. sampul, abstrak, persetujuan...hingga Daftar Isi dan BAB I.pdf

Download (912kB) | Preview
[img] Text
Dokumen BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (221kB)
[img] Text
Dokumen BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Dokumen BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (359kB)
[img]
Preview
Text
Dokumen BAB V dan Daftar Pustaka + Lampiran Penting.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh komunikasi dalam keluarga terhadap perkembangan emosi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tempel Tahun Ajaran 2015/2016. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tempel Tahun Ajaran 2015/2016 yang berjumlah 159 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebesar 80 siswa dengan menggunakan teknik quota proportional random sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang positif signifikan komunikasi dalam keluarga terhadap perkembangan emosi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tempel Tahun Ajaran 2015/2016 dengan diketahui nilai rhitung sebesar 0,404, koefisien determinasinya sebesar 0, 163 dengan p = 0,000 lebih kecil dari  = 0,05. Dengan demikian semakin baik komunikasi dalam keluarga maka semakin baik perkembangan emosi siswa, sebaliknya semakin rendah komunikasi dalam keluarga maka semakin rendah perkembangan emosi siswa. Komunikasi dalam keluarga memberi pengaruh sebesar 16,3% terhadap perkembangan emosi siswa kelas VIII SMP N 2 Tempel Tahun ajaran 2015/2016 sedangkan 83,7% dipengaruhi oleh faktor lain diluar komunikasi dalam keluarga. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa dengan pelaksanaan program bimbingan dan konseling keluarga yang efektif dan penerapan komunikasi dalam keluarga sebagai bentuk interaksi antara orang tua dan anak yang terjalin dalam suasana kondusif dan harmonis akan membantu perkembangan emosi siswa menjadi positif. Dalam proses komunikasi tersebut, anak akan belajar mengenal dirinya maupun orang lain, serta memahami perasaannya sendiri maupun orang lain. Diharapkan sekolah dan guru BK mampu bekerja sama dengan orang tua siswa meningkatkan bimbingan dan konseling dalam hal cara berkomunikasi keluarga yang baik untuk mengembangkan emosi siswa ke arah positif

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: komunikasi dalam keluarga, perkembangan emosi siswa
Subjects: Psikologi > Psikologi Fisiologis > Emosi dan Perasaan
Psikologi > Psikologi Terapan > Hubungan Antar Individu
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Nurul Sinto
Date Deposited: 25 May 2016 04:05
Last Modified: 25 May 2016 04:05
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/745

Actions (login required)

View Item View Item