Annisa Triardianti, 18144600087 (2023) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA MELALUI MEDIA DONGENG PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA SEKOLAH DASAR KELAS TIGA SD NEGERI 1 CURUGSEWU KECAMATAN PATEAN KABUPATEN KENDAL. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.
Text
ANNISA_PENINGKATAM KETERAMPILAN BERBICARA.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas tiga SD Negeri 1 Curugsewu menggunakan media dongeng. Berdasarkan hasil observasi, ditemukan bahwa peningkatan keterampilan berbicara dalam materi Bahasa Indonesia kelas III SD Negeri 1 Curugsewu relatif rendah. Hal ini ditunjukkan oleh pencapaian hasil penilaian siswa yang belum tuntas atau belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Maksimal) yaitu 78. Persentase nilai keterampilan berbicara kelas III dari 13 siswa, 6 siswa (46%) yang tuntas atau lulus KKM sedangkan 7 siswa (54%) tidak tuntas atau lulus KKM. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian Tindakan Kelas ialah hasil pengembangan dari penelitian tindakan. Penelitian tindakan (action research) sendiri dikembangkan dengan tujuan untuk mencari penyelesaian terhadap masalah di kelas. Indikator keberhasilan dalam penelitian yaitu 80%. Hasil dari penelitian ini adalah yang sebelumnya hanya enam siswa (46%) yang tuntas KKM, pada siklus I meningkat menjadi delapan siswa (69%). Kemudian terjadi lagi peningkatan pada siklus I ke siklus II dari sebelumnya delapan siswa (69%) yang tuntas KKM menjadi sebelas siswa (84%)
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bahasa Indonesia, dongeng, keterampilan berbicara. |
Subjects: | Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Achmad Ari Wibowo |
Date Deposited: | 04 Jan 2024 03:16 |
Last Modified: | 04 Jan 2024 03:16 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/7447 |
Actions (login required)
View Item |