PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING OLEH GURU KELAS VI DI SEKOLAH DASAR SE- KECAMATAN TURI

Alfina Ayu Nurjanah, 18144600196 (2023) PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING OLEH GURU KELAS VI DI SEKOLAH DASAR SE- KECAMATAN TURI. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img] Text
ALFINA_PELAKSANAN LAYANAN BK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) proses pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling oleh guru kelas VI di sekolah dasar, 2) kualitas pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling oleh guru kelas VI di sekolah dasar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini yakni seluruh guru kelas VI di sekolah dasar se- Kecamatan Turi. Teknik sampling yang digunakan adalah sampel jenuh . Sehingga sampel yang diambil sebanyak 22 guru kelas VI sekolah dasar se- Kecamatan Turi. Sampel penelitian ini adalah pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling oleh guru kelas VI di sekolah dasar Se- Kecamatan Turi. Uji validitas instrumen tes dengan menggunakan rumus Correlation Product Moment sedangkan uji reliabilitas menggunakan Cronbach Alpa dengan bantuan program SPSS versi for windows Versi 21. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis indeks. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) proses pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling oleh guru kelas VI di sekolah dasar Se-Kecamatan Turi diterapakan oleh guru kelas, guru mapel, kepala sekolah. Waktu pelaksanaan terprogram dan insidental. Cara mengatasi masalah siswa dengan memberikan solusi, memberikan nasihat kepada siswa, menghimpun informasi dari beberapa pihak. Hambatan yang dirasakan guru yang mendasar yaitu siswa sulit ditangani, faktor keluarga, sarana dan prasarana kurang, waktu guru dalam menangani masalah terbatas, administrasi yang kurang. 2) Kualitas pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling oleh guru kelas VI di sekolah dasar Se-Kecamatan Turi dalam kategori sedang. Dibuktikan dengan perhitungan setiap subvariabel perencanaan 57 kategori sedang, pelaksanaan 59,95 kategori sedang, evaluasi 66,5 kategori sedang

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: sekolah dasar, bimbingan dan konseling
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Achmad Ari Wibowo
Date Deposited: 04 Jan 2024 02:54
Last Modified: 04 Jan 2024 02:54
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/7444

Actions (login required)

View Item View Item