PERAN GURU DALAM MENERAPKAN NILAI-NILAI KARAKTER PADA PEMBELAJARAN TEMATIK MUATAN PPKN PADA SISWA KELAS III SD NEGERI TAMAN SARI II TAHUN AJARAN 2022/2023

Wawan Supriono, 18144600079 (2022) PERAN GURU DALAM MENERAPKAN NILAI-NILAI KARAKTER PADA PEMBELAJARAN TEMATIK MUATAN PPKN PADA SISWA KELAS III SD NEGERI TAMAN SARI II TAHUN AJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img] Text
WAWAN_PERAN GURU DALAM MENERAPKAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui 1) peran guru dalam menerapkan lima nilai-nilai karakter pada pembelajaran tematik muatan Ppkn pada siswa kelas III SD Negeri Taman Sari II Tahun ajaran 2022/2023 2) faktor pendukung dalam menerapkan lima nilai-nilai karakter pada pembelajaran tematik muatan Ppkn pada siswa kelas III SD Negeri Taman Sari II 3) faktor penghambat dalam menerapkan lima nilai-nilai karakter pada pembelajaran tematik muatan Ppkn pada siswa kelas III SD Negeri Taman Sari II. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subyek dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru kelas III, dan siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik yang digunakan dalam analisis data adalah reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan uji kredibilitas dengan triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan 1). Peran guru dalam menanamkan 5 nilai-nilai karakter pada siswa kelas III di SD Negeri Taman Sari II dengan cara melakukan kegiatan-kegiatan pembiasaan yang rutin di lakukan oleh oleh guru terhadap siswa di sekolah setiap hari. 2). Faktor pendukung dalam menerapkan lima nilai-nilai karakter pada siswa kelas III di SD Negeri Taman Sari II adalah guru dan orang tua dan lingkungan tempat tinggal siswa 3). Faktor penghambat dalam menerapkan lima nilai-nilai karakter pada siswa kelas III di SD Negeri Taman Sari II Hambatan yang mereka dapat yaitu faktor keluarga dan faktor lingkungan yang kurang mendukung akan perkembangan karakter siswa karena mungkin kebiasaan dari keluarga yang kurang memperhatikan penerapan nilai karakter pada siswa oleh orang tua sehingga itu menjadi hambatan dalam penerapan nilai karakter siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran Guru, Nilai Karakter Pembelajaran Tematik PKn
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Achmad Ari Wibowo
Date Deposited: 04 Jan 2024 02:34
Last Modified: 04 Jan 2024 02:34
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/7442

Actions (login required)

View Item View Item