PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO PODCAST UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA INDAH TEMBANG DOLANAN PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Wahyu Munaini, 18144600239 (2022) PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO PODCAST UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA INDAH TEMBANG DOLANAN PADA SISWA SEKOLAH DASAR. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img] Text
WAHYU MUNAINI_PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO PODCAST.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) Mengembangkan media audio untuk meningkatkan keterampilan membaca indah tembang dolanan pada siswa Sekolah Dasar. 2) Mengetahui kelayakan media audio untuk meningkatkan keterampilan membaca indah tembang dolanan pada siswa Sekolah Dasar. 3) Mengetahui kepraktisan media audio untuk meningkatkan keterampilan membaca indah tembang dolanan pada siswa Sekolah Dasar. 4) Mengetahui keefektifan media audio untuk meningkatkan keterampilan membaca indah tembang dolanan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian RnD (Research and Development). Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan model pengembangan 4D yang meliputi Define (Pendahuluan). Design (Perencanaan), Develop (Pengembangan), dan Disseminate (penyebaran). Data mengenai kebutuhan media dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan beberapa langkah yaitu dengan menganalisis data kuesioner kebutuhan, memfokuskan data kuesioner kebutuhan, mentransformasikan data mentah menjadi desain media. Untuk uji ahli prototipe dianalisis menggunakan teknik deskriptif persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penilian prototipe dari ahli media skor yang diperoleh 93,6% termasuk pada kriteria sangat baik. Penilaian dari ahli materi skor yang diperoleh 90% termasuk pada kriteria sangat baik. Selanjutnya media direvisi sesuai saran, setelah direvisi media diuji cobakan pada siswa SD N Kintelan II. Berdasarkan analisis, diperoleh bahwa hasil tes mengerjakan Lembar Kerja Siswa dengan menyelesaikan soal rumpang peningkatan persentase sebesar 6,20% dan untuk hasil tes lisan peningkatan persentase sebesar 14,13%. Untuk mengetahui keefektivitasan media dapat dilihat pada uji normalitas yaitu nilai signifikansi 0.200 > 0.05, sedangkan untuk hasil uji homogenitas diketahui nilai signifikansi 0.475 > 0.05. dan untuk uji paired t-test mendapatkan nilai sig (2- tailed) 0.006 < 0.05 menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara variabel awal dengan variabel akhir. Terdapat pengaruh yang bermakna terhadap perbedaan perlakuan yang diberikan pada masing-masing variabel. Sehingga dapat disimpulkan media audio podcast tembang dolanan efektif untuk meningkatkan keterampilan membaca indah tembang dolanan. Sedangkan untuk persentase ketuntasan siswa sebesar 90,90% dengan kriteria Sangat Baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Audio, Podcast, Keterampilan Membaca Indah, Tembang Dolanan
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Achmad Ari Wibowo
Date Deposited: 04 Jan 2024 01:59
Last Modified: 04 Jan 2024 01:59
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/7441

Actions (login required)

View Item View Item