PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF "YANGPA" DAN AUGMENTED REALITY PADA MATERI WAYANG PANDAWA KELAS IV SD NEGERI BANYUREJO 2

Silvi Ananda Putri Devi, 18144600209 (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF "YANGPA" DAN AUGMENTED REALITY PADA MATERI WAYANG PANDAWA KELAS IV SD NEGERI BANYUREJO 2. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img] Text
SILVI ANANDA_PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF YANGPA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini ada empat. Pertama, mengembangkan media pembelajaran interaktif “YANGPA” dan augmented reality untuk kelas IV sekolah dasar pada pelajaran bahasa Jawa khususnya materi Wayang Pandawa. Kedua, mengetahui hasil penilaian kelayakan ahli materi terhadap media tersebut. Ketiga, mengetahui hasil penilaian kelayakan ahli media terhadap media tersebut. Keempat, mengetahui hasil penilaian respon guru dan peserta didik terhadap media tersebut. Metode yang digunakan dalam proses penelitian ini adalah metode pengembangan (Research and Development). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan pengisian angket, yang terdiri dari angket validasi ahli, angket respon guru, dan angket respon peserta didik. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD Negeri Banyurejo 2 yang berjumlah 15 siswa dan guru kelas IV SD Negeri Banyurejo 2. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan beberapa penemuan penting. Pertama, proses pengembangan media pembelajaran interaktif “YANGPA” dan augmented reality ini dilaksanakan dengan tahapan yang diadaptasi dari model penelitian pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, dan Implementation). Beberapa tahapan tersebut terdiri dari tahap analisis kebutuhan, tahap desain produk, tahap pengembangan produk, revisi, uji coba terbatas, dan uji coba lapangan. Kedua, hasil penilaian kelayakan ahli materi memperoleh persentase sebesar 87,78% dengan kriteria “Sangat Layak”. Ketiga, hasil penilaian kelayakan ahli media memperoleh persentase sebesar 95,57% dengan kriteria “Sangat Layak”. Keempat, hasil penilaian respon guru dan peserta didik berturut-turut adalah sebesar 95,65% dan 92,26%, keduanya digolongkan dalam kriteria “Sangat Baik”. Dengan demikian media pembelajaran interaktif “YANGPA” dan augmented reality layak digunakan sebagai alternatif media pembelajaran bahasa Jawa pada materi Wayang Pandawa di kelas IV.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran interaktif, augmented reality, Wayang Pandawa
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Achmad Ari Wibowo
Date Deposited: 04 Jan 2024 01:57
Last Modified: 04 Jan 2024 01:57
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/7440

Actions (login required)

View Item View Item