Nanda Widi Atmaja, 17144600128 (2022) PENGEMBANGAN MEDIA BELAJAR POP UP BOOK PADA PELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI SUTAN KECAMATAN MINGGIR KABUPATEN SLEMAN. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.
Text
NANDA_PENGEMBANGAN MEDIA BELAJAR POP UP.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini memiliki beberapa tujuan untuk (1) Mengetahui Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book yang layak untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV SD Negeri Sutan (2) Mengetahui kepaktisan produk Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV SD N Sutan (3) Mengetahui apakah terjadi peningkatan prestasi belajar siswa kelas IV SD Negeri Sutan dengan menggunakan media pembelajaran Pop Up Book. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (RnD) menggunakan langkah-lagkah dari Branch. Penelitian ini dilakukan di SD N Sutan dengan subyek 20 siswa. Instrumen pengumpulan data ini menggunakan tes dan angket. Teknik analisis data melalui perhitungan angket kategoriasi dan uji paired sample t test Hasil dari penelitian ini adalah (1) Pengembangan media pembelajaran Pop Up Book menggunakan langkah-langkah pengembangan dari Branch yang dikenal dengan ADDIE. Dimana pada langkah ini terdapat 5 langkah yaitu Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. (2) Kelayakan media pembelajaran Pop Up Book,penilaian ahli media, ahli materi, respon guru dan siswa. Penilaian oleh ahli media memperoleh presentase 88% dan untuk penilaian ahli materi mendapat presentase 76%. Untuk itu, dari penilaian ahli media dan materi media pembelajaran Pop Up Book layak digunakan untuk pembelajaaran. Kemudian kepraktisan dari respon guru memperoleh presentase 78% yang termasuk pada kategori baik. (3) Peningkatan prestasi belajar siswa, penilaian sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran Pop Up Book, diperoleh nilai rata-rata pretest 59,5. Dimana nilai rata-rata pretest masih dibawah KKM yaitu 75. Setelah itu melakukan kegiatan postest dengan mendapatkan nilai rata-rata 78. Efektivitas penggunaan media pembelajaran Pop Up Book untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dibuktikan melalui uji Paired Sample T Test. Dari hasil uji Paired Sample T-Test diperoleh signifikasni (2-tailed) yaitu 0,000 yang artinya penggunaan media pembelajaran Pop Up Book efektif untuk menigkatkan prestasi belajar siswa pada materi luas dan keliling bangun datar (persegi, persegi panjang dan segitiga).
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Media Pop Up Book, Prestasi Belajar |
Subjects: | Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Achmad Ari Wibowo |
Date Deposited: | 04 Jan 2024 01:32 |
Last Modified: | 04 Jan 2024 01:32 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/7436 |
Actions (login required)
View Item |