PENGARUH GADGET TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS SISWA SD KELAS IV GUGUS III DI KECAMATAN GAMPING TAHUN PELAJARAN 2020/2021

MUHAMMAD ZAINURI, 15144600147 (2022) PENGARUH GADGET TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS SISWA SD KELAS IV GUGUS III DI KECAMATAN GAMPING TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img] Text
MUH ZAIN_PENGARUH GADGET.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh gadget terhadap prestasi belajar siswa SD kelas IV Gugus III di kecamatan Gamping tahun pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah adalah siswa SD kelas IV gugus III di Kecamatan Gamping yang berjumlah 128 siswa dan sampel yang digunakan adalah 97 dengan teknik Simple Random Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan metode angket. Uji validitas dengan teknik analisis Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Uji persyaratan analisis data menggunakan uji normalitas dan linearitas. Pengujian hipotesis menggunakan regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh positif penggunaan gadget terhadap prestasi belajar IPS di SD Gugus III di Kecamatan Gamping. Dibuktikan dengan nilai signifikan variabel penggunaan gadget 0,000 lebih kecil dari probabilitas 0,05 dan pengujian t hitung 8,134 > t tabel 1,985. Nilai R Square sebesar 0,411 atau sama dengan 41,1%. Angka tersebut berarti bahwa gaya penggunaan gadget berpengaruh terhadap prestasi belajar IPS sebanyak 41,1%. Sedangkan sisanya 100% - 41,1% = 58,9% dipengaruhi oleh variabel lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Gadget, Prestasi Belajar, IPS
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Achmad Ari Wibowo
Date Deposited: 04 Jan 2024 01:08
Last Modified: 04 Jan 2024 01:08
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/7435

Actions (login required)

View Item View Item