May Rafani Nuragiyani, 17144600270 (2022) PENGARUH TINGKAT TOLERANSI BERAGAMA SISWA TERHADAP INTERAKSI SOSIAL SISWA KELAS V SD DI BANTUL. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.
Text
MAY RIFANI_PENGARUH TINGKAT TOLERANSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat toleransi beragama terhadap interaksi sosial siswa kelas V SD di Bantul. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif survey. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas V Sekolah Dasar di Bantul 2021/2022. Populasi penelitian sebanyak 208 siswa. Sampel penelitian sebanyak 142 siswa. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalam simple random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket (kuesioner). Untuk analisis data menggunakan regresi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan dan positif antara toleransi beragama terhadap interaksi sosial siswa, hal ini diketahui dari nilai sig sebesar 0,000 < 0,05. Artinya semakin tinggi toleransi beragama maka semakin tinggi interaksi sosial siswa kelas V SD di Bantul. Pengaruh toleransi beragama (X) secara simultan terhadap interaksi sosial siswa (Y) sebesar 61,9% dengan persamaan regresi Y = 16,892 + 0,893X + 3,406
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Toleransi Beragama, Interaksi Sosial |
Subjects: | Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Achmad Ari Wibowo |
Date Deposited: | 03 Jan 2024 07:02 |
Last Modified: | 03 Jan 2024 07:02 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/7434 |
Actions (login required)
View Item |