PENGARUH TINGKAT TOLERANSI BERAGAMA SISWA TERHADAP INTERAKSI SOSIAL SISWA KELAS V SD DI BANTUL

May Rafani Nuragiyani, 17144600270 (2022) PENGARUH TINGKAT TOLERANSI BERAGAMA SISWA TERHADAP INTERAKSI SOSIAL SISWA KELAS V SD DI BANTUL. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img] Text
MAY RIFANI_PENGARUH TINGKAT TOLERANSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat toleransi beragama terhadap interaksi sosial siswa kelas V SD di Bantul. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif survey. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas V Sekolah Dasar di Bantul 2021/2022. Populasi penelitian sebanyak 208 siswa. Sampel penelitian sebanyak 142 siswa. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalam simple random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket (kuesioner). Untuk analisis data menggunakan regresi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan dan positif antara toleransi beragama terhadap interaksi sosial siswa, hal ini diketahui dari nilai sig sebesar 0,000 < 0,05. Artinya semakin tinggi toleransi beragama maka semakin tinggi interaksi sosial siswa kelas V SD di Bantul. Pengaruh toleransi beragama (X) secara simultan terhadap interaksi sosial siswa (Y) sebesar 61,9% dengan persamaan regresi Y = 16,892 + 0,893X + 3,406

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Toleransi Beragama, Interaksi Sosial
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Achmad Ari Wibowo
Date Deposited: 03 Jan 2024 07:02
Last Modified: 03 Jan 2024 07:02
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/7434

Actions (login required)

View Item View Item