STUDI LITERATUR PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK SEKOLAH DASAR

Fatkhul Munir Abdullah, 18144600231 (2022) STUDI LITERATUR PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK SEKOLAH DASAR. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img] Text
FATKHUL_STUDI LITERATUR PENERAPAN MODEL DISCOVRY.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manfaat penerapan model discovery learning dalam pembelajaran tematik Sekolah Dasar. Maka ruang lingkup yang diambil dibatasi yaitu model discovery learning dalam pembelajaran tematik Sekolah Dasar. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode studi literatur atau kepustakaan dengan menggunakan sumber sekunder yang dikumpulkan dalam jurnal ilmiah. Studi literatur membatasi kegiatan penelitian hanya pada bahan-bahan perpustakaan dan literatur saja tanpa melakukan penelitian lapangan. Pengujian validasi data menggunakan metode dari pengumpulan data atau sumber dan kritik sumber yang dilakukan oleh validator. Hasil penelitian ini, disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran discovery learning dalam pembelajaran tematik dapat meningkatkan keaktifan, motivasi, minat dan kemampuan berfikir siswa. Discovery learning merupakan model pembelajaran yang berpusat pada siswa dan guru hanya sebagai fasilitator sehingga dalam pembelajaran guru memberikan kesempatan dan kebebasan kepada siswa dalam menemukan dan menggali pengetahuan sendiri. Model pembelajaran discovery learning membuat cara belajar siswa menjadi lebih aktif dalam melaksanakan pembelajaran di kelas

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Discovery Learning, Pembelajaran Tematik, Studi Literatur.
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Achmad Ari Wibowo
Date Deposited: 03 Jan 2024 03:39
Last Modified: 03 Jan 2024 03:39
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/7430

Actions (login required)

View Item View Item