EKO UJIANTO, 12144200032 (2016) PENGARUH BIMBINGAN KONSELING DALAM MEMOTIVASI SISWA DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI KEPERAWATAN DI SMK CIPTA BHAKTI HUSADA YOGYAKARTA SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2015/ 2016. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.
|
Text
Dokumen 1.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
Dokumen BAB II .pdf Restricted to Repository staff only Download (232kB) |
||
Text
Dokumen BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (406kB) |
||
Text
Dokumen BAB IV .pdf Restricted to Repository staff only Download (182kB) |
||
|
Text
Dokumen BAB V .pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Bimbingan Konseling Dalam Memotivasi Siswa Dan Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI Keperawatan Di Smk Cipta Bhakti Husada Yogyakarta Semester Genaptahun Ajaran 2015/ 2016. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI Keperawatan SMK Cipta Bhakti Husada Yogyakarta Tahun Ajaran 2015/2016 sebesar 64 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebesar 30 siswa dengan menggunakan teknik. Quota Cluster Random Sampling Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket. Teknik analisa data dengan menggunakan analisis korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh positif signifikan antara pengaruh Bimbingan Konseling Dalam Memotivasi Siswa Dan Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI Keperawatan Di Smk Cipta Bhakti Husada Yogyakarta Tahun Ajaran 2015/2016 dengan mengetahui r hitung sebesar 0,689 dan r hitung 0,631 lebih besar dari rtabel (0,361) pada taraf signifikansi 5%. Dengan demikian semakin tinggi bimbingan konseling dalam memotivasi siswa dan semakin baik disiplin belajar maka prestasi belajar siswa akan semakin baik pula. Demikian pula sebaliknya, semakin rendah bimbingan konseling dalam memotivasi siswa dan disiplin belajar maka prestasi belajar siswa akan menurun. Bimbingan konseling dalam memotivasi siswa dan disiplin belajar secara bersama-sama dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa adanya pengaruh bimbingan konseling dalam memotivasi siswa dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar siswa, dapat memberikan perhatian, motivasi, bimbingan dari sekolah maupun orang tua dan khususnya guru bimbingan dan konseling, yang sangat diperlukan dalam meningkatkan prestasi belajar siswa dan dapat menumbuhkan rasa tanggung jawab yang tinggi sehingga proses belajar bisa berjalan dengan lancar dan tercapai prestasi belajar yang baik. Oleh karena itu guru dan perangkat sekolah hendaknya lebih aktif memberikan dukungan dalam pelaksanaan bimbingan konseling dan peningkatan disiplin belajar yang lebih baik sehingga tercapai prestasi belajar yang baik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi siswa dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar siswa |
Subjects: | Psikologi > Psikologi Terapan > Psikologi Konseling, nasihat, penyuluhan |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | FITRI RIANI |
Date Deposited: | 24 May 2016 04:54 |
Last Modified: | 24 May 2016 04:54 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/743 |
Actions (login required)
View Item |