PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS KINEMASTER VERSI 5.0.7 MATERI ORGAN GERAK HEWAN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH BANYURADEN YOGYAKARTA

Erni Sudaryani, 171144600111 (2022) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS KINEMASTER VERSI 5.0.7 MATERI ORGAN GERAK HEWAN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH BANYURADEN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img] Text
ERNI_PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS KINEMASTER.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan dan keefektifan video pembelajaran berbasis Kinemaster pada materi organ gerak hewan untuk meningkatkan prestasi belajar IPA siswa kelas V SD Muhammadiyah Banyuraden. Jenis penelitian yaitu penelitian pengembangan R&D model ADDIE yang terdiri dari lima langkah strategi pengembangan, yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi, tes, dan wawancara. Teknik analisis data kuantitatif yang digunakan adalah angket ahli materi, ahli media, respon guru, respon siswa dan peningkatan prestasi belajar menggunakan uji Independent sample t-test. Penelitian dilaksanakan di SD Muhammadiyah Banyuraden pada tahun 2022. Subjek penelitian adalah siswa kelas V sebanyak 20 siswa. Hasil penelitian ini menjunjukkan bahwa 1) kevalidan video pembelajaran berbasis Kinemaster ditinjau dari (a) Hasil penilaian ahli materi dengan presentase 86% dengan kriteria sangat valid, (b) Hasil penilaian ahli media dengan presentase 87,05% dengan kriteria sangat valid. 2) kepraktisan video pembelajaran ditinjau dari (a) Hasil respon guru dengan presentase 100% dengan kriteria sangat praktis, (b) Hasil respon siswa dengan presentase 99,11% dengan kriteria sangat praktis. 3) video pembelajaran berbasis Kinemaster lebih efektif dalam meingkatkan prestasi belajar siswa dibuktikan dengan perbedaan hasil tes yang dibuktikan dengan uji Independent sample t-test. Hasil uji Independent sample t-test pada nilai pre-test dan post-test diperoleh Sig. (2 tailed) 0,000 < 0,05. Video pembelajaran berbasis Kinemaster efektif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa, terlihat dari rata-rata pre-test 79,6 dan nilai post-test 92,6. Sehingga dapat disimpulkan bahwa video pembelajaran berbasis Kinemaster materi organ gerak hewan pada pembelajaran tematik untuk meningkatkan prestasi belajar IPA siswa kelas V efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Organ Gerak hewan, Video Pembelajaran berbasis Kinemaster, Prestasi Belajar.
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Achmad Ari Wibowo
Date Deposited: 03 Jan 2024 03:36
Last Modified: 03 Jan 2024 03:36
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/7429

Actions (login required)

View Item View Item