PENGEMBANGAN E-MODUL MODEL FLIPPED CLASSROOM PADA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS V DI SDN SRUMBUNG 2 MAGELANG

Eka Nurjanah, 18144600241 (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL MODEL FLIPPED CLASSROOM PADA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS V DI SDN SRUMBUNG 2 MAGELANG. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img] Text
EKA NURJANAH_PENGEMBANGAN E-MODUL MODEL FLIPPED.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui proses pengembangan bahan ajar E-Modul Matematika (2) Mengetahui kelayakan E-Modul Matematika (3) mengetahui keefektifan E-Modul Matematika (4) Mengetahui peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa menggunakan bahan ajar E-Modul Matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan model Borg and Gall. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Srumbung 2 ada tahun ajaran 2021/2022. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Srumbung 2 sebanyak 21 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggun akan pedoman wawancara, angket, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif yaitu penilaian ahli materi dan ahli media, penilaian respon guru dan respon siswa, uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas,dan statistik insferensial yaitu Uji T-test. Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti sebagai berikut: 1) E-Modul Matematika dikembangkan dari pengumpulan informasi sampai pada uji lapangan, 2) bahan ajar yang dikembangkan dinyatakan layak digunakan degan krteria baik, ditunjukkan dengan penilaian ahli materi dengan skor presentase 78% dan penilaian ahli media dengan skor presentase 82%, 3) E-Modul Matematika efektif digunakan dalampembelajaran, ditunjukkan dengan hasil perhitungan Uji Paired Sample T-test diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) adalah 0.000 (p < 0.05), 4) Kemampuan penalaran matematis siswa meningkat ditunjukkan dengan perolehan rata-rata nilai pretest 66,95 dan perolehan rata- rata posstest setelah menggunakan bahan ajar yaitu 81,57.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: E-Modul Matematika, Pengembangan Bahan Ajar, Matematika, Sekolah Dasar
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Achmad Ari Wibowo
Date Deposited: 03 Jan 2024 03:06
Last Modified: 03 Jan 2024 03:06
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/7426

Actions (login required)

View Item View Item