EFEKTIFITAS BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK TOUGHT STOPPING UNTUK MENINGKATKAN SELF ESTEEM SISWA KELAS X SMA N 1PAJANGAN TAHUN AJARAN 2020/2021

Ragadian Nidias Manggalih, 16144200008 (2022) EFEKTIFITAS BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK TOUGHT STOPPING UNTUK MENINGKATKAN SELF ESTEEM SISWA KELAS X SMA N 1PAJANGAN TAHUN AJARAN 2020/2021. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img] Text
RAGADIAN_EFEKTIFITAS KELOMPOK TEKNIK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Bimbingan Kelompok Teknik Thought Stopping untuk meningkatkan Self Esteem siswa kelas X SMA 1 Negeri Pajangan tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan pre-eksperimental design dengan jenis onegroup pretest-posttest design. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dengan populasi seluruh siswa kelas X di SMA 1 Negeri Pajangan. Sampel dalam penelitian ini mengambil 5 siswa dari populasi siswa dengan menggunakan teknik purposive sampling, dan teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis uji T-tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemberian layanan bimbingan kelompok teknik thought stopping efektif untuk meningkatkan self esteem siswa. Berdasarkan hasil analisis uji t-test diperoleh nilai t = 35,278 dengan nilai p = 0,000 < 0,05 yang berarti Ha diterima, artinya ada pengaruh positif dan signifikan pemberian bimbingan kelompok dengan teknik thought stopping untuk meningkatkan self esteem siswa kelas X SMA 1 Negeri Pajangan tahun ajaran 2020/2021. Diharapkan sekolah dan guru bimbingan dan konseling dapat menerapkan layanan bimbingan kelompok teknik thought stopping dengan efektif sehingga dapat meningkatkan sopan santun siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: bimbingan kelompok teknik thought stopping
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Achmad Ari Wibowo
Date Deposited: 02 Jan 2024 02:29
Last Modified: 02 Jan 2024 02:29
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/7417

Actions (login required)

View Item View Item