Rafli Arief Fahmi, 16144200078 (2023) EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN PERENCANAAN KARIR SISWA KELAS VIII SMP DIPONEGORO SAMPANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.
Text
RAFLI_EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik diskusi efektif untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang perencanaan karir. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VIII SMP Diponegoro Sampang yang berjumlah 104 siswa. Sampel dalam penelitian ini mengambil 30 siswa dari populasi siswa kelas VIII SMP Diponegoro Sampang dengan menggunakan teknik diskusi, teknik analisis data yang digunakan dengan uji kesetaraan, uji homogenitas varians. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis one group pretest-posttest design. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini berupa data variabel pemahaman karir siswa. Data pemahaman karir siswa dikumpulkan dengan metode angket atau kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian bimbingan kelompok teknik diskusi efektif untuk meningkatkan perencanaan karir siswa. Berdasarkan rata-rata kedua kelompok dalam penelitian ini dapat diketahui bahwa skor posttes pemahaman karir siswa (X = 19,433) lebih baik dibandingkan dengan skor pretes pemahaman karir siswa siswa (X = 16,900). Diharapkan sekolah dan guru bimbingan dan konseling dapat menerapkan bimbingan kelompok teknik diskusi dengan efektif sehingga dapat meningkatkan perencanaan karir siswa kelas VIII
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan Kelompok, Teknik Diskusi, Perencanaan Karir |
Subjects: | Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Achmad Ari Wibowo |
Date Deposited: | 02 Jan 2024 02:07 |
Last Modified: | 02 Jan 2024 02:07 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/7415 |
Actions (login required)
View Item |