BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK PERMAINAN SIMULASI UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS VIII SMP BOPKRI 5 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2022/2023

Furqon Al-Haq, 18144200009 (2023) BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK PERMAINAN SIMULASI UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS VIII SMP BOPKRI 5 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img] Text
FURQON_BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bimbingan kelompok dengan teknik permainan simulasi dapat untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas VIII SMP Bopkri 5 Yogyakarta Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dan Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain one group pre-test and post-test design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Bopkri 5 Yogyakarta Tahun Ajaran 2022/2023. Sebanyak 15 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket yang divalidasi. Dan teknik analisis data menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukan bahwa bimbingan kelompok teknik permainan simulasi efektif untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas VIII SMP Bopkri 5 Yogyakarta Tahun Ajaran 2022/2023. Dibuktikan dengan hasil uji-t yang dilakukan diperoleh harga t = 5.382 dengan nilai p = 0,000 < 0,05. Implikasi dalam penelitian ini bahwa untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas VIII SMP Bopkri 5 Yogyakarta Tahun Ajaran 2022/2023 dengan kemampuan serta kompetensi yang dimiliki diharapkan guru bimbingan dan konseling menggunakan bimbingan kelompok dengan teknik permainan simulasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan kelompok, teknik permainan simulasi, kepercayaan diri.
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Achmad Ari Wibowo
Date Deposited: 29 Dec 2023 02:26
Last Modified: 29 Dec 2023 02:26
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/7404

Actions (login required)

View Item View Item