Furqon Al-Haq, 18144200009 (2023) BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK PERMAINAN SIMULASI UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS VIII SMP BOPKRI 5 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.
Text
FURQON_BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bimbingan kelompok dengan teknik permainan simulasi dapat untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas VIII SMP Bopkri 5 Yogyakarta Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dan Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain one group pre-test and post-test design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Bopkri 5 Yogyakarta Tahun Ajaran 2022/2023. Sebanyak 15 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket yang divalidasi. Dan teknik analisis data menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukan bahwa bimbingan kelompok teknik permainan simulasi efektif untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas VIII SMP Bopkri 5 Yogyakarta Tahun Ajaran 2022/2023. Dibuktikan dengan hasil uji-t yang dilakukan diperoleh harga t = 5.382 dengan nilai p = 0,000 < 0,05. Implikasi dalam penelitian ini bahwa untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas VIII SMP Bopkri 5 Yogyakarta Tahun Ajaran 2022/2023 dengan kemampuan serta kompetensi yang dimiliki diharapkan guru bimbingan dan konseling menggunakan bimbingan kelompok dengan teknik permainan simulasi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan kelompok, teknik permainan simulasi, kepercayaan diri. |
Subjects: | Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Achmad Ari Wibowo |
Date Deposited: | 29 Dec 2023 02:26 |
Last Modified: | 29 Dec 2023 02:26 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/7404 |
Actions (login required)
View Item |