Diki Bagus Permadi, 17144200082 (2023) PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGATASI PERILAKU INDISIPLINER SISWA SMP NEGERI 02 ADIPALA KABUPATEN CILACAP. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.
Text
DIKI_PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGATASI PERILAKU.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah data kualitatif yang bersumber dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara terhadap guru BK. Teknik analisa data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini juga menggunakan teknik trianggulasi sumber, karena data-data yang diperoleh didapatkan dari sumber- sumber yang berlainan dan saling memberi penguatan yaitu dari guru bimbingan dan konseling SMP Negeri 02 Adipala Kabupaten Cilacap. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru BK di sekolah antara lain: 1) membantu siswa mengenali kepribadian, minat, bakat, serta dapat mengembangkannya dan dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan. 2) Memberikan layanan bimbingan dan konseling kepada siswa untuk mencapai pemahaman dan pengarahan untuk penyesuaian diri secara maksimal untuk sekolah, keluarga dan masyarakat. 3) Memberikan bantuan kepada siswa secara berkelanjutan dengan tujuan agar siswa tersebut dapat memahami dirinya, lingkungannya, serta dapat mengarahkan diri, dan menyesuaikan diri dengan lingkungan untuk mengembangkan potensinya secara optimal. Bentuk perilaku indisipliner siswa di sekolah, antara lain: 1) Siswa terlambat datang ke sekolah, 2) Seragam sekolah tidak sesuai aturan, 3) Atribut yang tidak lengkap, dan 4) Tidak mengerjakan tugas. Pemberian sanksi terhadap pelanggaran yang dilakukan oleh siswa juga diberikan agar siswa bertanggung jawab atas perilaku dan sikap yang telah diperbuat dan jera terhadap penyimpangan aturan yang dilakukan. Peran dan upaya guru BK dalam mengatasi perilaku indisipliner siswa di SMP Negeri 02 Adipala, antara lain: 1) Pemberian layanan informasi berupa sosialisasi kepada siswa dan wali murid mengenai aturan yang berlaku di sekolah dan sanksi pelanggaran yang diberikan. 2) Nasihat, motivasi, dan informasi dari guru mata pelajaran, guru BK, dan masyarakat sekolah lainnya agar siswa semangat memiliki perilaku disiplin dan bertanggung jawab akan kewajibannya. 3) Pemberian contoh positif dari guru baik itu cara berpakaian, dan berkomunikasi untuk menjadikan siswa disiplin, rapi, dan memiliki rasa sopan santun, saling menghargai, dan menghormati sesama.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran guru bimbingan dan konseling, Perilaku indisipliner |
Subjects: | Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Achmad Ari Wibowo |
Date Deposited: | 29 Dec 2023 02:13 |
Last Modified: | 29 Dec 2023 02:13 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/7402 |
Actions (login required)
View Item |