Sutiti Anisa, 18144200063 (2022) PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK DISKUSI TERHADAP PENCEGAHAN GAYA HIDUP HEDONISME PADA SISWA KELAS X SMKN 7 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.
Text
SUTITI_PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK DISKUSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bimbingan kelompok dengan teknik diskusi terhadap pencegahan gaya hidup hedonisme pada siswa kelas X SMKN 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2021/2022. Penelitian ini dilakukan di SMKN 7 Yogyakarta dengan jumlah populasi 352 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil 10% dari jumlah populasi dengan menggunakan teknik Probability Sampling dengan jenis Simple Random Sampling sejumlah 34 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket gaya hidup hedonisme yang telah divalidasi dengan validitas kontruks Desain penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif bentuk pre-eksperimental design dengan jenis one group pretest postest design. Analisis data penelitian ini menggunakan analisis statistik uji T-test. Hasil penelitian ini ada perbedaan nilai sebelum diberikan treatment dan sesudah diberikan treatment. Hasil rata-rata pretest sebelum diberikan treatment sebesar 69,1765 sedangkan rata-rata postest setelah diberikan treatment sebesar 61,5294. Selisih antara hasil rata-rata pretest postest sebesar 7.6471. Berdasarkan hasil analisis statistik uji t diperoleh nilai t = 9.839 dengan nilai p value (sig. 2-tailed) = 0.000 < 0,05 yang berarti ada pengaruh bimbingan kelompok dengan teknik diskusi terhadap pencegahan gaya hidup hedonisme pada siswa kelas X SMKN 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2021/2022
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan Kelompok, Teknik Diskusi, Gaya Hidup Hedonisme |
Subjects: | Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Achmad Ari Wibowo |
Date Deposited: | 29 Dec 2023 01:22 |
Last Modified: | 29 Dec 2023 01:22 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/7395 |
Actions (login required)
View Item |