STUDI DESKRIPTIF PERSEPSI SISWA TERHADAP PELAKSANAAN LAYANAN KONSELING INDIVIDU DI SMP NEGERI 15 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2022/2023

Putri Rahayu Handayani, 18144200092 (2022) STUDI DESKRIPTIF PERSEPSI SISWA TERHADAP PELAKSANAAN LAYANAN KONSELING INDIVIDU DI SMP NEGERI 15 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img] Text
PUTRI RAHAYU_STUDI DESKRIPTIF PRESEPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan persepsi siswa terhadap pelaksanaan layanan konseling individu dan faktor yang mempengaruhi persepsi siswa terhadap pelaksanaan layanan konseling individu di SMPN 15 Yogyakarta tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data primer adalah 9 siswa SMPN 15 Yogyakarta, guru BK, dan wali kelas. Sedangkan sumber data skunder berupa data dokumentasi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Miles and Huberman (1984) dengan model analisis interaktif yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi sumber. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa persepsi siswa terhadap pelaksanaan layanan konseling individu di SMPN 15 Yogyakarta yaitu siswa mempersepsikan layanan konseling individu hanya dikhususkan untuk siswa yang bermasalah dan berkasus saja, sehingga siswa merasa enggan untuk mengunjungi atau berkonsultasi dengan guru bimbingan dan konseling. Faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi siswa terhadap pelaksaan layanan konseling individu meliputi faktor internal yakni, ketertarikan siswa, pengetahuan siswa, dan kebutuhan siswa terhadap layanan konseling individu yang ada di sekolah maupun faktor ekternal yakni, kompetensi dan pengalaman yang dimiliki guru BK, informasi yang siswa dapat mengenai pelaksanaan layanan konseling individu, sarana dan prasarana yang disediakan oleh guru BK, dan kerjasama yang terjalin antara guru BK dengan guru bidang studi lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Konseling Individu, Persepsi, Faktor yang Mempengaruhi
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Achmad Ari Wibowo
Date Deposited: 29 Dec 2023 01:09
Last Modified: 29 Dec 2023 01:09
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/7390

Actions (login required)

View Item View Item