Noviana Candra Pertiwi, 18144200050 (2022) PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGATASI PERILAKU PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA KELAS VIII DI SMP N 3 JETIS BANTUL TAHUN AJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.
Text
NOVIANA_PERAN GURU BK DALAM MENGATASI PERILAKU PROKRASTINASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui faktor penyebab terjadinya perilaku prokrastinasi akademik, 2) untuk mengetahui dampak dari perilaku prokrastinasi akademik, 3) peran guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi perilaku prokrastinasi akademik siswa di SMP N 3 Jetis Bantul Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru bimbingan dan konseling dan beberapa siswa kelas VIII di SMP N 3 Jetis Bantul. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan metode observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Miles and Huberman (1984) dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data, sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode.. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti, dapat disimpulkan bahwa 1) faktor penyebab terjadinya perilaku prokrastinasi akademik siswa meliputi rasa malas, kesulitan dalam mengerjakan tugas, dan lingkungan keluarga yang kurang perhatian, 2) dampak dari perilaku prokrastinasi akademik siswa yaitu tugas semakin menumpuk dan prestasi akademik menurun, 3) peran guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi perilaku prokrastinasi akademik siswa yaitu sebagai mediator yang menjadi penengah antara siswa dengan guru wali kelas berkaitan dengan perilaku prokrastinasi akademik, fasilitator yang memberikan layanan home visit dan konseling individu, motivator yang memberikan motivasi agar siswa semangat dan rajin dalam mengerjakan tugas, informator yang memberikan informasi kepada siswa terkait perilaku prokrastinasi akademik, director yang mengarahkan terkait tugas-tugas dan belajar agar lebih maksimal, inisiator yang memberikan ide untuk melakukan tutor sebaya, transmitter yang melakukan pendekatan dengan siswa secara pribadi, dan evaluator yang bekerja sama dengan wali kelas dan guru mata pelajaran untuk melihat perubahan perilaku siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran Guru BK, Perilaku Prokrastinasi Akademik |
Subjects: | Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Achmad Ari Wibowo |
Date Deposited: | 28 Dec 2023 02:50 |
Last Modified: | 28 Dec 2023 02:50 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/7384 |
Actions (login required)
View Item |