PERAN KONSELOR DALAM MENUMBUHKAN MINAT BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 1 CISAGA TAHUN 2021/2022

Muhlisin, 16144200142 (2022) PERAN KONSELOR DALAM MENUMBUHKAN MINAT BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 1 CISAGA TAHUN 2021/2022. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img] Text
MUHLISIN_PERAN KONSELOR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk, mengetahui bagaimana pelaksanaan need assement, pelaksaan program, pelaksanaan layanan, pelaksaan evaluasi bimbingan dan konseling kaitanya dengan menumbuhkan minat belajar siswa di SMA Negeri 1 Cisaga. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Metode pengumpulan data mengunakan wawancara dan observasi. Hasil penelitian yaitu, Dalam menjalankan peran guru bimbingan dan konseling di SMA Negeri 1 Cisaga, mengunakan Need Assement untuk menganalisis masalah menumbuhkan minat belajar siswa, alat yang digunakan Daftar Cek Masalah dalam menyusun program, tidak ada program khusus yang berkaitan dengan menumbuhkan minat belajar siswa. Akan tetapi guru BK tetap menjalankan program sesuai dengan kebutuhan siswa dan memberikan layanan informasi. Usaha yang dilakukan oleh guru BK dalam menumbuhkan minat belajar siswa dengan cara: memberikan layanan informsi kepada siswa kemudian bila mana terdapat siswa yang belajarnya menurun karna faktor malas dan lainya, segara di berikan layanan dan bimbingan. Usaha dalam pelaksaan evaluasi kaitanya dengan menumbuhkan minat belajar menggunakan alat yang lain selain DCM mampu kerja sama yang baik dengan guru keluarga siswa, kepala sekolah, guru wali kelas dan guru mata pelajaran. Sehingga permasalahan dalam belajar bisa teratasi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Konselor, minat belajar, siswa SMA
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Achmad Ari Wibowo
Date Deposited: 28 Dec 2023 02:45
Last Modified: 28 Dec 2023 02:45
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/7383

Actions (login required)

View Item View Item