USAHA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR, KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF MAKE A MATCH BAGI SISWA KELAS VIII C SMP N 2 SRUMBUNG KABUPATEN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016

WIJI SUINDRATI, 14155140031 (2016) USAHA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR, KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF MAKE A MATCH BAGI SISWA KELAS VIII C SMP N 2 SRUMBUNG KABUPATEN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Tesis thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dokumen 1.pdf_hlm. sampul, abstrak, persetujuan...hingga Daftar Isi dan BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Dokumen BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (244kB)
[img] Text
Dokumen BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (228kB)
[img] Text
Dokumen BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (925kB)
[img]
Preview
Text
Dokumen BAB V dan Daftar Pustaka + Lampiran Penting.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif make a match dapat meningkatkan motivasi belajar, kerjasama, dan hasil belajar bagi siswa kelas VIII C SMP N 2 Srumbung Kabupaten Magelang Tahun Pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan dua siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII C SMP N 2 Srumbung dengan jumlah 34 siswa yang terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis kualitatif terhadap hasil observasi dan angket, dan analisis kuantitatif terhadap hasil nilai siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif make a match menjadikan suasana pembelajaran menjadi menyenangkan dan terjadi peningkatan motivasi belajar, kerjasama dan hasil belajar siswa, yaitu dari kondisi awal, siklus I ke siklus II. Skor motivasi dari kondisi awal pada kriteria baik dan sangat baik, sebesar 41 %, siklus I sebesar 74 % dan siklus II sebesar 85 % dari 34 siswa. Skor kerjasama pada kondisi awal dengan kriteria baik dan sangat baik sebesar 44 %, siklus I sebesar 68 % dan siklus II sebesar 88 % dari 34 siswa. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan yaitu pada kondisi awal yang mencapai KKM sebanyak 38 %, pada siklus I sebanyak 74 % dan pada siklus II sebanyak 91 % dari 34 siswa. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran make a match dapat meningkatkan motivasi belajar, kerjasama dan hasil belajar IPS siswa.

Item Type: Thesis (Tesis)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Kerjasama, Hasil Belajar
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan; inteljensia, motivasi belajar
Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan IPS
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 24 May 2016 04:03
Last Modified: 24 May 2016 04:03
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/738

Actions (login required)

View Item View Item