PENGARUH PERILAKU ASERTIF TERHADAP KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 10 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Diah Septi Lestari, 18144200020 (2022) PENGARUH PERILAKU ASERTIF TERHADAP KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 10 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img] Text
DIAH SEPTI_PENGARUH PERILAKU.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pengaruh Perilaku Asertif Terhadap Kecerdasan Interpersonal Siswa Kelas VIII SMP Negeri 10 Yogyakarta Tahun Pelajaran 2022/2023. Universitas PGRI Yogyakarta, Oktober 2022. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh positif perilaku asertif terhadap kecerdasan interpersonal siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Yogyakarta Tahun Pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Yogyakarta Tahun Pelajaran 2022/2023 dengan jumlah 200 siswa. Sampel dalam penelitian ini sejumlah 64 siswa. Teknik pengambilan sampel quota purposive random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan angket tertutup. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment. Hasil penelitian bahwa ada pengaruh positif perilaku asertif terhadap kecerdasan interpersonal kelas VIII SMP Negeri 10 Yogyakarta tahun pelajaran 2022/2023. Artinya semakin tinggi perilaku asertif maka semakin tinggi kecerdasan interpersonal, ataupun sebaliknya jika perilaku asertif rendah maka kecerdasan interpersonal rendah. Hasilnya sebesar 0,304 dengan p = 0,00 > 0,05. Dan nilai R square ( ) diperoleh nilai sebesar 0,092 atau 0,9 % Hal ini menunjukkan hubungan yang signifikan dan memiliki pengaruh sebesar 0,9%

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perilaku Asertif, Kecerdasan Interpersonal
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Achmad Ari Wibowo
Date Deposited: 27 Dec 2023 03:58
Last Modified: 27 Dec 2023 03:58
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/7377

Actions (login required)

View Item View Item