Aqilah Fanni Shafira, 18144200004 (2022) UPAYA PENINGKATAN KEPERCAYAAN DIRI DENGAN TEKNIK ASSERTIVE TRAINING PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 PAJANGAN TAHUN AJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.
Text
AQILAH_UPAYA PENINGKATAN KEPERCAYAAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Upaya Peningkatan Kepercayaan Diri dengan Teknik Assertive Training Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Pajangan Tahun Ajaran 2022/2023. Skripsi. Yogyakarta. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Yogyakarta. Desember 2022. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kepercayaan diri meningkat melalui teknik assertive training pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Pajangan Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan quasi eksperimental design dengan jenis one- group pretest-posttest design. Metode pengumpulan data penelitian ini menggunakan angket, dan populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang berjumlah 180 siswa. Sampel dalam penelitian ini menggunakan nonprobability sampling dengan jenis teknik sampling purposive dengan mengambil 8 siswa dari jumlah populasi siswa, dan teknik analisa data penelitian ini menggunakan analisis uji T-test dengan paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian teknik assertive training dapat meningkatkan kepercayaan diri pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Pajangan Tahun Ajaran 2022/2023. Berdasarkan hasil analisis uji t-test di peroleh nilai t= - 14.882 dengan nilai p= 0,000 < 0,05 yang berarti Ha diterima, artinya ada pengaruh yang positif dan signifikan dalam pemberian teknik assertive training untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas X di SMA Negeri 1 Pajangan Tahun Ajaran 2022/2023.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepercayaan Diri, Teknik Assertive Training |
Subjects: | Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Achmad Ari Wibowo |
Date Deposited: | 27 Dec 2023 01:45 |
Last Modified: | 27 Dec 2023 01:45 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/7373 |
Actions (login required)
View Item |