PERBEDAAN KREATIVITAS ANAK YANG MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER MELUKIS DENGAN YANG TIDAK MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER MELUKIS DI TK KATOLIK SANG TIMUR BATIKAN UMBULHARJO YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015

Bernadetta Hesti Pananda, 10144200132 (2016) PERBEDAAN KREATIVITAS ANAK YANG MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER MELUKIS DENGAN YANG TIDAK MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER MELUKIS DI TK KATOLIK SANG TIMUR BATIKAN UMBULHARJO YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dokumen BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Dokumen BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (254kB)
[img] Text
Dokumen BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (423kB)
[img] Text
Dokumen BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (334kB)
[img]
Preview
Text
Dokumen BAB Vdan Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan tingkat kreavifitas anak pada siswa TK yang mengikuti ekstrakurikuler melukis dan yang tidak mengikuti ekstrakurikuler melukis. Populasi dalam penelitian ini sejumlah 60 siswa kelas TK B pada TK Katolik Sang Timur Batikan Umbulharjo Yogyakarta, yang terdiri dari 30 orang siswa yang mengikuti ekstrakurikuler melukis dan 30 orang siswa yang tidak mengikuti ekstrakurikuler melukis.Teknik analisis yang digunakan adalah menggunakan uji beda dua rata-rata (mean) hasil, Pengujian hipotesis menggunakan Uji independent sample t test dengan terlebih dahulu melakukan uji validitas, reliabilitas dan normalitas data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dari kreativitas siswa pada siswa yang mengikuti ekstrakurikuler melukis dan yang tidak mengikuti ekstrakurikuler melukis. Dimana kelompok siswa yang mengikuti ekstrakurikuler melukis nilai rerata kreativitasnya 81,30, sedangkan nilai rerata untuk siswa yang tidak mengikuti ekstrakurikuler melukis nilai kreativitasnya 74,73 atau lebih rendah dari nilai kelompok siswa yang mengikuti ekstrakurikuler melukis. Berdasarkan hasil output uji levene’s test diperoleh nilai t hitung sebesar 2,204, sedangkan nilai tabel dapat dilihat pada t-tabel dengan Df = 60-2 = 58) dan Signifikansi 2-tailed 0,025, maka diperoleh nilai t tabel sebesar 2,002. Dengan demikian berarti : Nilai t hitung 2,204 > t tabel 2,002. Hal ini berarti bahwa terdapat perbedaan nilai kreativitas antara siswa yang mengikuti ekstrakurikuler melukis dengan siswa yang tidak mengikuti ekstrakurikuler melukis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kreativitas Siswa, Ekstrakurikuler Melukis, Independent Sample t Test
Subjects: Psikologi > Kecerdasan intelektual dan mental > Daya khayal, imajinasi, kreativitas
Kesenian > Seni menggambar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Nurul Sinto Ambawani
Date Deposited: 24 May 2016 03:55
Last Modified: 24 May 2016 03:55
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/737

Actions (login required)

View Item View Item