PENGARUH KONSELING KELOMPOK DENGAN ASSERTIVE TRAINING TERHADAP PERILAKU ASERTIF SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 BANTUL TAHUN AJARAN 2017/2018

YUDHISTIRA ANGGER PERDANA, 14144200085 (2018) PENGARUH KONSELING KELOMPOK DENGAN ASSERTIVE TRAINING TERHADAP PERILAKU ASERTIF SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 BANTUL TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img] Text
YUDISTIRA_PENGARUH KONSELING KELOMPOK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pengaruh Konseling Kelompok dengan Assertive Training terhadap Perilaku Asertif Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Bantul Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi. Yogyakarta. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Yogyakarta. Agustus 2018. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh konseling kelompok dengan assertive training terhadap perilaku asertif siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Bantul tahun ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi experiment). Teknik pengambilan sampel dengan Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data dengan angket. Teknik analisis data menggunakan statistik rumus uji t. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa ada pengaruh konseling kelompok dengan assertive training terhadap perilaku asertif siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Bantul. Hal ini dibuktikan dari nilai t hitung : 9.666, dan nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari nilai taraf signifikansi 5% (0,000<0,05). Artinya layanan konseling kelompok dengan pendekatan behavior lebih baik dibandingkan dengan pendekatan konvensional.Implikasi dalam penelitian ini, yaitu layanan konseling kelompok dengan pendekatan behavior berpengaruh terhadap perilaku asertif siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: layanan konseling kelompok, pendekatan behavior, perilaku asertif
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Achmad Ari Wibowo
Date Deposited: 22 Dec 2023 01:45
Last Modified: 22 Dec 2023 01:45
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/7360

Actions (login required)

View Item View Item