Yolanda, 14144200017 (2018) EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENGURANGI PERILAKU MENCONTEK PADA SISWA KELAS VIII D SMP NEGERI 1 KASIHAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.
Text
YOLANDA_EFEKTIFITAS KONSELING KELOMPOK.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Efektivitas Konseling Kelompok Teknik Self Management Untuk Mengurangi Perilaku Mencontek Pada Siswa Kelas VIII D SMP Negeri I Kasihan Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi. Yogyakarta Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Yogyakarta. Juli 2018. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan konseling kelompok teknik self management untuk mengurangi perilaku mencontek siswa kelas VIII D SMP Negeri I Kasihan tahun pelajaran 2017/ 2018. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII D di SMP Negeri I Kasihan tahun pelajaran 2017/ 2018 yang berjumlah 33 siswa. Sampel dalam penelitian in mengambil 8 siswa dari populasi siswa dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan angket. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis uji t-tes . Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis terbukti konseling kelompok teknik self management efektif untuk mengurangi perilaku mencontek siswa kelas VIII D SMP Negeri I Kasihan Tahun Pelajaran 2017/2018. Dari hasil uji t-test diketahui nilai diperoleh nilai t = 4. 623 dengan nilai P = 0,002 < 0,05 berarti pemberian konseling kelompok teknik self management efektif untuk mengurangi perilaku mencontek siswa. Diharapkan sekolah dan guru bimbingan dan konseling dapat menerapkan konseling kelompok teknik self management untuk mengurangi perilaku mencontek siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | konseling kelompok, teknik self management, perilaku mencontek |
Subjects: | Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Achmad Ari Wibowo |
Date Deposited: | 22 Dec 2023 01:43 |
Last Modified: | 22 Dec 2023 01:43 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/7359 |
Actions (login required)
View Item |