PENGARUH MINAT MEMBACA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP N 4 GAMPING SLEMAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019

YENNI SUSANTI, 14144200149 (2018) PENGARUH MINAT MEMBACA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP N 4 GAMPING SLEMAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img] Text
YENNI_PENGARUH MINAT MEMBACA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pengaruh Minat Membaca Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP N 4 Gamping Sleman Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi. Yogyakarta. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Yogyakarta. Agustus 2018. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui pengaruh minat membaca terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII SMP N 4 Gamping Sleman Tahun Pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas VIII SMP N 4 Gamping Sleman Tahun Pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 185 siswa. Penetapan pengambilan sampel menggunakan quota random sampling dengan mengambil sampel 50% dari jumlah populasi, sehingga jumlah sampel penelitian sebanyak 90 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik dengan rumus korelasi product moment. Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut ada pengaruh yang positif dan signifikan minat membaca terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII SMP N 4 Gamping Sleman Tahun Pelajaran 2018/2019 terbukti dengan rxy = 0,486 dengan p = 0,000, hal tersebut berarti semakin tinggi minat membaca maka semakin baik pula motivasi belajar siswa, sebaliknya semakin kurang minat membaca siswa maka semakin menurun pula motivasi belajarnya. Implikasi dalam penelitian ini adalah perlunya sekolah untuk meningkatkan minat membaca pada siswa-siswanya. Guru harus lebih kreatif dalam memberikan tugas-tugas kepada siswa yang dalam penyelesaiannya siswa harus membaca sumber bacaan dari berbagai sumber. Selain itu, sekolah juga harus banyak menyediakan sumber bacaan yang menarik bagi siswa. Keinginan untuk membaca ini harus tumbuh dalam diri siswa sendiri sehingga siswa secara sukarela ataupun tanpa paksaan mempunyai kebiasaan untuk membaca, karena dengan membaca siswa mempunyai pengetahuan dan wawasan yang luas. Siswa juga harus dapat memanfaatkan waktu luangnya untuk membiasakan membaca sehingga dapat menunjang motivasi belajar lebih baik lagi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: minat membaca, motivasi belajar
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Achmad Ari Wibowo
Date Deposited: 22 Dec 2023 01:33
Last Modified: 22 Dec 2023 01:33
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/7357

Actions (login required)

View Item View Item