UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK TOKEN EKONOMI PADA SISWA TUNAGRAHITA KELAS III DI SLB SEKAR HANDAYANI TAHUN AJARAN 2017/2018

Yeni Yuwati, 1414200015 (2018) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK TOKEN EKONOMI PADA SISWA TUNAGRAHITA KELAS III DI SLB SEKAR HANDAYANI TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img] Text
YENI_UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca Melalui Bimbingan Kelompok Teknik Token Ekonomi Pada Kelas III Siswa Tunagrahita Di SLB Sekar Handayani Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini bertujuan untuk peningkatan kemampuan membaca melalui bimbingan kelompok teknik token ekonomi pada siwa tunagrahita di SLB SEKAR HANDAYANI. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan oleh guru sebagai peneliti dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam penelitian ini terdiri dari 2 siklus; siklus pertama dan siklus kedua yang keduanya terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa tunagrahita kelas III SDLBC SLB SEKAR HANDAYANI, kecamatan Panggang, Kabupaten Gunungkidul sebanyak 3 siswa yang terdiri dari 2 siswa perempuan dan 1 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi, dokumentasi, validitas data, analisis data, indikator kinerja, dan prosedur penelitian. Teknik analysis data menggunakan deskriptif kualitative. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan teknik token ekonomi dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa tunagrahita. Meningkatnya kualitas proses pembelajaran ditandai dengan meningkatnya kemampuan membaca pada siswa tunagrahita kelas III SDLBC. Hasil nilai rata- rata pada siklus 2 meningkat 10% dari siklus 1, 56,6% (kategori kurang) menjadi 66,6% (kategori cukup). Implikasi dari penelitian ini yaitu apabila yang diinginkan peningkatan kedisiplinan dengan segera, maka penerapan token ekonomi setiap hari dapat digunakan. Namun bila disiplin siswa sudah mulai membaik dan ingin dipelihara maka dapat dialihkan kejadwal berselang. Selain itu, pemngkatan kesepahaman dengan para wali murid akan sangat mendukung suksesnya teknik token ekonomi ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuan membaca, token ekonomi, bimbingan kelompok
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Achmad Ari Wibowo
Date Deposited: 22 Dec 2023 01:30
Last Modified: 22 Dec 2023 01:30
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/7356

Actions (login required)

View Item View Item