EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK SELF MANAGEMENT DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA KELAS XI AP DAN PM DI SMK NEGERI 7 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018

Ufli Nuril Romadloni, 14144200120 (2018) EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK SELF MANAGEMENT DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA KELAS XI AP DAN PM DI SMK NEGERI 7 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img] Text
UFLI_EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Efektivitas Bimbingan Kelompok Teknik Self Management Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Kelas XI Di SMK Negeri 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi. Yogyakarta.Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Yogyakarta. Juli 2018. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji efektif atau tidaknya bimbingan kelompok Teknik self management dalam meningkatkan kedisplinan siswa kelas XI AP dan PM di SMK Negeri 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2017/2018. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Negeri 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2016/2017 yang berjumlah 76 orang siswa yang terbagi dalam 3 kelas. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis statistik uji-t amatan ulangan. Hasil penelitian menunjukkan hipotesis terbukti atau terdapat efektivitas positif antara layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik self management terhadap kedisiplinan waktu siswa kelas XI AP dan PM SMK Negeri 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2017/2018. Dari hasil uji-t amatan ulangan yang dilakukan diperoleh nilai t = 13,743 dengan nilai p = 0,000 < 0,025 berarti pemberian layanan bimbingan kelompok dengan teknik Self Management efektif terhadap peningkatan kedisiplinan waktu siswa. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa dengan kemampuan serta kompetensi yang ada, diharapkan guru bimbingan dan konseling mampu menjalankan program maupun layanannya dengan berbagai upaya dalam rangka meningkatan wawasan dan pemahaman siswa tentang kedisiplinan waktu. Peran penting guru dan sekolah dalam proses pelaksanaan layanan bimbingan konseling dapat memberikan dukungan siswa dalam peningkatan kedisiplinan waktu siswa menjadi lebih baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: bimbingan kelompok, teknik self management, kedisiplinan.
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Achmad Ari Wibowo
Date Deposited: 20 Dec 2023 01:59
Last Modified: 20 Dec 2023 01:59
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/7348

Actions (login required)

View Item View Item