EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS VII DI SMP IT MASJID SYUHADA YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2019/2020

Tri Susilo, 15144200145 (2019) EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS VII DI SMP IT MASJID SYUHADA YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img] Text
TRI SUSILO_EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Diskusi untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Kelas VII di SMP IT Masjid Syuhada Yogyakarta Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Yogyakarta. November 2019. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah layanan bimbingan kelompok dengan teknik Diskusi efektif untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa kelas VII di SMP IT Masjid Syuhada Yogyakarta tahun ajaran 2019/2020. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII di SMP IT Masjid Syuhada Yogyakarta tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 123 siswa yang terbagi dalam 4 kelas. Sampel dalam penelitian diambil sebanyak 6 siswa yang memiliki tingkat kemandirian belajar rendah dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan pedoman observasi, pedoman wawancara dan angket. Teknik analisis data dengan menggunakan statistik dengan rumus uji t-tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis terbukti layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi efektif untuk untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa kelas VII di SMP IT Masjid Syuhada Yogyakarta tahun ajaran 2019/2020. Dari hasil uji t-test diketahui nilai diperoleh nilai t = 14.556 dengan nilai Sig = 0,000 < 0,05.. Implikasi dari penelitian ini bagi kepala sekolah bisa mendukung layanan tersebut, menambah jam layanan dan menyediakan tempat / ruangan khusus untuk layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi sehingga aman dan kondusif, bagi guru bimbingan dan konseling bisa menjadi ide dan inovativ dalam memberikan layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan kemandirian belajar agar lebih optimal. Selanjutnya bagi siswa dengan adanya layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi siswa dapat berpikir kritis, tanggungjawab sehingga tujuan pembelajaran tercapai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: bimbingan kelompok, diskusi, kemandirian belajar
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Achmad Ari Wibowo
Date Deposited: 20 Dec 2023 01:28
Last Modified: 20 Dec 2023 01:28
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/7346

Actions (login required)

View Item View Item