SUNARDI, 14144240130 (2018) HUBUNGAN ANTARA LAYANAN BIMBINGAN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X SMK N 2 SEWON BANTUL TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.
Text
SUNARDI_HUBUNGAN ANTARA LAYANAN BIMBIBGAN BELAJAR.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Hubungan antara Layanan Bimbingan Belajar dan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas X SMK N 2 Sewon Bantul Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi. Yogyakarta. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Yogyakarta. Agustus 2018. Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) mengetahui hubungan antara layanan bimbingan belajar dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas X SMK N 2 Sewon Bantul Tahun Pelajaran 2017/2018. 2) mengetahui hubungan antara motivasi belajar dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas X SMK N 2 Sewon Bantul Tahun Pelajaran 2017/2018. 3) mengetahui hubungan antara Bimbingan Belajar dan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas X SMK N 2 Sewon Bantul Tahun Pelajaran 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas X SMK N 2 Sewon Bantul yang berjumlah 213 siswa. Penetapan pengambilan sampel menggunakan quota random sampling dengan mengambil sampel 50% dari jumlah populasi, sehingga jumlah sampel penelitian sebanyak 106 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik dengan rumus analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) ada hubungan yang positif antara layanan bimbingan belajar dengan prestasi belajar siswa Kelas X SMK N 2 Sewon Bantul Tahun Pelajaran 2017/2018 dibuktikan dengan rx1y = 0, 280 dengan p < 0,000 2) ada hubungan yang positif antara motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa Kelas X SMK N 2 Sewon Bantul Tahun Pelajaran 2017/2018, dibuktikan dengan Dari hasil analisis tersebut di atas diketahui bahwa rx2y = 0,279 dengan p = 0,004. 3) Hubungan yang positif antara layanan bimbingan belajar dan motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa Kelas X SMK N 2 Sewon Bantul Tahun Pelajaran 2017/2018, dibuktikan dengan Freg = 8.007 dengan p = 0.001 (sig< 0,000). Implikasi dalam penelitian ini adalah bimbingan belajar hendaknya diberikan kepada siswa dapat menumbuhkan dan mendorong siswa untuk giat belajar sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | layanan bimbingan belajar, motivasi belajar, prestasi belajar |
Subjects: | Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Achmad Ari Wibowo |
Date Deposited: | 18 Dec 2023 03:03 |
Last Modified: | 18 Dec 2023 03:03 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/7338 |
Actions (login required)
View Item |