HUBUNGAN ANTARA BIMBINGAN BELAJAR DALAM KELUARGA DAN MINAT MELANJUTKAN STUDI DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XII SMK N 2 SEWON BANTUL YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2017/2018

SRI MULYANI, 14144230082 (2018) HUBUNGAN ANTARA BIMBINGAN BELAJAR DALAM KELUARGA DAN MINAT MELANJUTKAN STUDI DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XII SMK N 2 SEWON BANTUL YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img] Text
SRI MULYANI_HUBUNGAN ANTARA BIMBINGAN BELAJAR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Hubungan Antara Bimbingan Belajar Dalam Keluarga Dan Minat Melanjutkan Studi dengan Prestasi Belajar Siswa XII SMK Negeri 2 Sewon Bantul Yogyakarta Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi. Yogyakarta. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Yogyakarta, Agustus 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hubungan antara bimbingan belajar dalam keluarga dengan prestasi belajar (2) hubungan antara minat melanjutkan studi dengan prestasi belajar (3) hubungan antara bimbingan belajar dalam keluarga dan minat melanjutkan studi dengan prestasi belajar Kelas XII SMK Negeri 2 Sewon Bantul Yogyakarta Tahun Pelajaran 2017/2018. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMK Negeri 2 Sewon Bantul Yogyakarta Tahun Pelajaran 2017/2018 berjumlah 67 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini digunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisa data dengan menggunakan analisis korelasi dan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada hubungan yang positif antara bimbingan belajar dalam keluarga dengan prestasi belajar siswa, dengan mengetahui hasil perhitungan angka rx1y = 0,638 dengan (p) 0,000 < 0,05, yang berarti semakin efektif bimbingan belajar dalam keluarga maka semakin meningkat prestasi belajar siswa. (2) Ada hubungan yang positif antara minat melanjutkan studi dengan prestasi belajar siswa, dengan mengetahui hasil perhitungan angka rx2y = 0,619 dengan (p) 0,000 < 0,05, yang berarti semakin tinggi minat melanjutkan studi maka semakin tinggi prestasi belajar siswa. (3) Ada hubungan yang positif antara bimbingan belajar dalam keluarga dan minat melanjutkan studi secara bersama-sama dengan prestasi belajar dengan mengetahui hasil perhitungan angka harga Fhitung 25,456 dengan (p) 0,000 < 0,01, yang artinya ada hubungan antara bimbingan belajar dalam keluarga dan minat melanjutkan studi dengan prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: bimbingan belajar dalam keluarga, minat melanjutkan studi, prestasi belajar
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Achmad Ari Wibowo
Date Deposited: 18 Dec 2023 02:27
Last Modified: 18 Dec 2023 02:27
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/7335

Actions (login required)

View Item View Item