NUR OKTA PURNAMASARI, 14144200062 (2018) EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN SOPAN SANTUN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 PANDAK TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.
Text
NUR OKTA_EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Efektivitas Bimbingan Kelompok TeknikRole Playinguntuk Meningkatkan Sopan Santun Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Pandak Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi. Yogyakarta. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Yogyakarta. Mei 2018. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bimbingan kelompok teknik role playingdapat meningkatkan sopan santun siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Pandak tahun ajaran 2017/2018. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 4 Pandak tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 91 siswa. Sampel dalam penelitian ini mengambil 8 siswa dari populasi siswa dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini denganmenggunakan angket. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis uji T-tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis terbukti atau bimbingan kelompok teknik role playing efektif untuk meningkatkan sopan santun siswa kelas VIII di SMP Negeri 4 Pandak Tahun Ajaran 2017/2018. Dari hasil uji-t diketahui nilai t = 15,013 dengan nilai p = 0,000< 0,05 berarti pemberian layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik role playing efektif dalam meningkatkansopan santun siswa.Diharapkan sekolah dan guru bimbingan konseling dapat menerapkan bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik role playing sehingga dapat meningkatkansopan santun siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | bimbingan kelompok, sopan santun |
Subjects: | Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Achmad Ari Wibowo |
Date Deposited: | 14 Dec 2023 06:10 |
Last Modified: | 14 Dec 2023 06:10 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/7310 |
Actions (login required)
View Item |