PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF- MANAGEMENT UNTUK MENGURANGI PERILAKU TERLAMBAT MASUK SEKOLAH SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 PANDAK TAHUN AJARAN 2017/2018

Muhammad Arifin, 14144200146 (2018) PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF- MANAGEMENT UNTUK MENGURANGI PERILAKU TERLAMBAT MASUK SEKOLAH SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 PANDAK TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.

[img] Text
MUH ARIFIN_PENGARUH BIMBINGAN BERKELO,POK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Pengaruh Bimbingan Kelompok dengan Teknik Self Management untuk Mengurangi Perilaku Terlambat Masuk Sekolah Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Pandak Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi. Yogyakarta. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Yogyakarta.Juli 2018. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bimbingan kelompok dengan teknik self management untuk mengurangi perilaku terlambat masuk sekolah siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Pandak Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen ( eksperimen semu ). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Pandak yang berjumlah 101 siswa. Sampel penelitian ini 51 siswa dengan menggunakan teknik sampel kuota. Pemilihan 27 siswa sebagai kelompok eksperimen dan 24 siswa sebagai kelompok kontrol. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan angket. Teknik analisis statistik dengan menggunakan uji t dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemberian layanan bimbingan kelompok dengan teknik self management lebih efektif dan berpengaruh positif dan signifikan untuk mengurangi perilaku terlambat masuk sekolah pada siswa. Hal ini ditunjukkan dari rata-rata nilai posttest kelas eksperimen yang lebih rendah dari pada kelas kontrol, kelas eksperimen memiliki rata-rata posttest 93,33, sedangkan kelas kontrol 101,67. Dari hasil uji t diketahui nilai diperoleh 4,275 dengan taraf signifikansi 0,000. Hal ini berarti bahwa ditolak dan diterima, artinya layanan bimbingan kelompok dengan teknik self management efektif untuk mengurangi perilaku terlambat masuk sekolah. Diharapkan sekolah dan guru bimbingan dan konseling dapat menerapkan layanan bimbingan kelompok dengan teknik self management dengan efektif sehingga dapat mengurangi perilaku terlambat masuk sekolah pada siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Kelompok, Teknik Self Management, Perilaku Terlambat Masuk Sekolah
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Achmad Ari Wibowo
Date Deposited: 14 Dec 2023 01:56
Last Modified: 14 Dec 2023 01:56
URI: http://repository.upy.ac.id/id/eprint/7302

Actions (login required)

View Item View Item