MUGI LISTIANI, 14144200131 (2018) EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS VII E SMP NEGERI 16 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.
Text
MUGI_EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Kelas VII E SMP Negeri 16 Yogyakarta Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi. Yogyakarta. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Yogyakarta. Juni 2018. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas VII E SMP Negeri 16 Yogyakarta Tahun Ajaran 2017/2018. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII E SMP Negeri 16 Yogyakarta sebanyak 33 siswa. Sampel dalam penelitian ini mengambil 10 siswa dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan angket. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis uji t-tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis terbukti dan signifikan bahwa layanan bimbingan kelompok efektif dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas VII E SMP Negeri 16 Yogyakarta Tahun Ajaran 2017/2018. Dari hasil uji-t diketahui nilai t = 13,699 dengan nilai p = 0,000 < 0,05 berarti pemberian treatment dengan pelaksanaan layanan bimbingan kelompok berpengaruh dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa. Diharapkan sekolah dan guru bimbingan konseling dapat menerapkan layanan bimbingan kelompok dengan efektif sehingga dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | layanan bimbingan kelompok, kepercayaan diri |
Subjects: | Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Achmad Ari Wibowo |
Date Deposited: | 14 Dec 2023 01:53 |
Last Modified: | 14 Dec 2023 01:53 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/7301 |
Actions (login required)
View Item |