Dimas Thobing Wulan Dhono, 11144200058 (2016) HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH ORANG TUA DENGAN TINGKAT KEDISIPLINAN BELAJAR PADA SISWA KELAS X SMK DIPONEGORO DEPOK SLEMAN TAHUN AJARAN 2015 - 2016. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.
|
Text
Dokumen 1.pdf_hlm. sampul, abstrak, persetujuan...hingga Daftar Isi dan BAB I.pdf Download (850kB) | Preview |
|
Text
Dokumen BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (188kB) |
||
Text
Dokumen BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (203kB) |
||
Text
Dokumen BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (102kB) |
||
|
Text
Dokumen BAB V dan Daftar Pustaka + Lampiran Penting.pdf Download (404kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua dengan kedisiplinan belajar siswa kelas X SMK Diponegoro Depok Sleman tahun ajaran 2015-2016. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Diponegoro Depok Sleman tahun ajaran 2015-2016 sebanyak 100 siswa.Sampel dalam penelitian ini sebesar 50 siswa dengan menggunakan teknik proportional random sampling.Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket.Teknik analisis data dengan menggunakan analisis korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara pola asuh orang tua dengan kedisiplinan belajar siswa kelas X SMK Diponegoro Depok Sleman tahun ajaran 2015-2016dengan mengetahui harga rhitung sebesar 0,429 dan peluang galat (p) = 0,002 < 0,05 pada taraf signifikansi 5%. Dengan demikian semakin baik pola asuh orang tua terhadap siswa akan meningkatkan kedisiplinan belajar siswa, sebaliknya semakin rendah pola asuh orang tua terhadap siswa maka semakin rendah pula kedisiplinan belajar siswa. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa pola asuh orang tua yang baik dapat meningkatkan kedisiplinan belajar siswa di sekolah dan di rumah.Oleh karena itu perangkat sekolah selalu aktif dalam memberikan perhatian terhadap pola asuh orang tua yang diperoleh siswa dalam upaya peningkatan kedisiplinan siswa dalam belajar di sekolah maupun di rumah. Peran orang tua juga diperlukan dalam upaya memberikan dorongan dan dukungan terhadap pembentukan perilaku siswa sehingga kedisiplinan belajar siswa akan lebih baik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pola asuh orang tua, kedisiplinan belajar |
Subjects: | Pendidikan > Bimbingan dan Konseling di sekolah > Pola asuh Pendidikan > Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktivitasnya > Kedisiplinan di sekolah; hukuman, penghargaan |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Nurul Sinto Ambawani |
Date Deposited: | 21 May 2016 02:26 |
Last Modified: | 21 May 2016 02:26 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/705 |
Actions (login required)
View Item |