N U R Y A N I, 12144200041 (2016) KORELASI ANTARA BIMBINGAN KELOMPOK DAN PERGAULAN TEMAN SEBAYA DENGAN RASA PERCAYA DIRI SISWA KELAS X SMK N I DLINGO TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, Universitas PGRI Yogyakarta.
|
Text
DOKUMEN 1.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
DOKUMEN BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (283kB) |
||
Text
DOKUMEN BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (418kB) |
||
Text
DOKUMEN BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (301kB) |
||
|
Text
DOKUMEN BAB V, DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf Download (438kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui 1) korelasi antara bimbingan kelompok dengan rasa percaya diri siswa kelas X SMK N I Dlingo tahun pelajaran 2015/2016. 2) korelasi antara pergaulan teman sebaya dengan rasa percaya diri siswa kelas X SMK N I Dlingo tahun pelajaran 2015/2016. 3) korelasi antara bimbingan kelompok dan pergaulan teman sebaya dengan rasa percaya diri siswa kelas X SMK N I Dlingo tahun pelajaran 2015/2016. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK N I Dlingo yang berjumlah 154 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 70 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik quota purposive random sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Ada korelasi positif dan signifikan antara bimbingan kelompok dengan rasa percaya diri pada siswa kelas X SMK N I Dlingo Bantul Tahun Pelajaran 2015/2016, dibuktikan dengan nilai rxy = 0.547, p = 0.000. 2) Ada korelasi positif dan signifikan antara pergaulan teman sebaya dengan rasa percaya diri pada siswa kelas X SMK N I Dlingo Bantul Tahun Pelajaran 2015/2016 dibuktikan dengan rxy = 0.753 dengan p = 0.000, 3) ada korelasi positif dan signifikan antara bimbingan kelompok dan pergaulan teman sebaya dengan rasa percaya diri kelas X SMK N I Dlingo Bantul Tahun Pelajaran 2015/2016 dibuktikan dengan nilai Freg = 44.920, dengan p = 0.000. Implikasi dalam penelitian ini adalah pentingnya bimbingan kelompok dalam meningkatkan rasa percaya diri siswa. Bimbingan kelompok yang diberikan dalam melatih siswa untuk dapat berkomunikasi dengan lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat, etika pergaulan, cara hidup bermasyarakat, mengembangkan sikap dan kebiasaan beriman dan beratqwa, membebaskan diri dari rasa tertekan. Metode yang digunakan dalam memberikan intervensi untuk meningkatkan kepercayaan diri melalui bimbingan kelompok yaitu: metode ceramah, dilakukan kerjasama dengan guru bidang studi agama melalui bimbingan kelompok dan diskusi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | bimbingan kelompok, pergaulan teman sebaya, rasa percaya diri |
Subjects: | Psikologi > Psikologi diferensial dan perkembangan > Psikologi Individual, Karakter Psikologi > Psikologi diferensial dan perkembangan > Perkembangan Kepribadian dan karakter Psikologi > Psikologi diferensial dan perkembangan > Psikologi Remaja |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | FITRI RIANI |
Date Deposited: | 18 May 2016 01:50 |
Last Modified: | 18 May 2016 01:50 |
URI: | http://repository.upy.ac.id/id/eprint/683 |
Actions (login required)
View Item |